nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Jadi Mahasiswa Asal-asalan!

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Jum'at 27 November 2015 10:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 11 27 65 1256747 jangan-jadi-mahasiswa-asal-asalan-aGpBZ7oEzb.jpg Juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2015. (Foto: Marieska HV/Okezone)

DEPOK – Jika Indonesia ingin menjadi negara maju, maka tugas utama pembangunan terletak di pundak mahasiswa. Karena itulah, pantang menjadi mahasiswa biasa-biasa saja.

"Jangan hanya asal jadi mahasiswa, tetapi jadilah mahasiswa berkualitas. Berkarakter dengan pemahaman Pancasila dan berdemokrasi. Setelah lulus, para mahasiswa ditunggu bukan karena tepat waktu, tapi karena berkarakter," ujar Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti Intan Ahmad dalam penganugerahan juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2015 di kampus Universitas Indonesia (UI), Depok.

Intan mengimbuhkan, bukti empiris sebuah negara maju ditunjukan dengan adanya universitas yang unggul dengan berbagai kegiatannya, termasuk kompetisi sains. Banyaknya peserta tahun ini, kata Intan, menunjukkan persaingan makin keras. Apalagi OSN 2015 melombakan tidak hanya teori tetapi juga proyek sains.

"Jumlah peneliti di Indonesia enggak sampai 700 per satu juta penduduk. Tertinggal dari Malaysia yang mencapai 2.000 per satu juta penduduk. Ajang ini jadi cikal bakal peneliti di Indonesia, menjadi langkah awal," tegas Intan.

Sementara itu, Wakil Rektor UI Bambang Wibawarta meminta para juara agar tidak cepat puas. Dia menyesalkan banyaknya juara OSN yang diundang untuk masuk PTN, namun lebih memilih menempuh studi di luar negeri.

"Yang jadi masalah, juara olimpiade banyak yang tak minat masuk PTN di dalam negeri. Sudah diundang tapi enggak mau. Kami mau biayai, malah pilih kuliah ke luar negeri. Dan kami tidak bisa mendidik, padahal kita perlu bibit-bibit terbaik," kata Anis.

Corporate Secretary Pertamina Wisnutoro mengatakan OSN Pertamina 2015 yang bertemakan Energi Baru Terbarukan ini melombakan dua kategori, kategori teori dan kategori proyek sains. Di kategori teori, hadiah diberikan kepada empat juara, termasuk juara harapan, di masing-masing bidang, yaitu Fisika, Kimia, Biologi, dan Matematika.

Sedangkan di kategori proyek sains, hadiah diberikan kepada juara satu hingga tiga serta lima Honorable Mention. Total hadiah yang diterima para pemenang senilai Rp 3,3 miliar. Para juara tersebut telah melalui ujian seleksi di tingkat provinsi dan nasional. Selain itu, PT Pertamina (Persero) juga memberikan penghargaan kepada perguruan tinggi penyelenggara OSN Pertamina terbaik di wilayah barat, tengah, dan timur.

"Kami berharap pemenang bisa tertarik bekerja di Pertamina. Kami buka rekrutmen online tiap tahun. Silakan, kami perlu pemikiran inovatif dan positif. Scinece project jadi aset pengetahuan di bidang energi baru dan terbarukan," tandas Wisnu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini