nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alga Antarkan Yudisthira Raih Juara Pertama OSN

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Jum'at 27 November 2015 10:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 11 27 65 1256772 alga-antarkan-yudisthira-raih-juara-pertama-osn-Zs8aELJfRs.jpg Juara 1 OSN Pertamina 2015 Bidang Teori Biologi Yudisthira Octaviandie. (Foto: Marieska HV/Okezone)

DEPOK – Gara-gara alga, Yudisthira Octaviandie menjadi juara pertama Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2015 pada Bidang Teori Biologi. Mahasiswa jurusan Biologi Universitas Indonesia (UI) ini meraih hadiah uang tunai jutaan rupiah.

Yudhistira mengaku, hanya butuh waktu tiga hari untuk menyiapkan makalah penelitiannya. Ia meneliti tentang sel surya biologis berbasis organisme.

"Ini sel surya yang dibuat dari mikroorganisme (cyano bacteria). Di Indonesia banyak, ada di perairan tawar dan laut. Istilah lain dari alga hijau biru," kata Yudisthira dalam acara pengumuman pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2015, di kampus UI, Depok.

Sebagai negara tropis, kata Yudisthira, Indonesia selalu dianugerai cahaya matahari sepanjang tahun. Apalagi sebagai negara maritim, alga mudah ditemukan di perairan Indonesia.

"Ini potensial dikembangkan. Untuk pengembangannya ditinjau dari sisi sains sangat mungkin dikembangkan. Tetapi secara ekonomis, belum diperhitungkan," ungkapnya.

Yudisthira menambahkan, nilai lebih penelitiannya dengan alga membuat bahan baku sel surya tetap berkelanjutan. Sementara jika menggunakan silikon, akan menjadi limbah.

"Sel surya dari silikon hanya bertahan selama 10 tahun. Tetapi kalau ini bahannya bukan kimia, hasilnya pun berkelanjutan sehingga ramah lingkungan," kata mahasiswa semester tiga tersebut.

Cowok kelahiran Samarinda 3 Oktober 1997 itu mengklaim, penelitiannya merupakan sesuatu yang baru di Indonesia meski sudah dikembangkan di negara Jerman. Selain itu, dia memberi nilai kebaruan pada alga.

"Kali ini alga dijadikan sel surya. Biasanya kan untuk biofuel atau biodiesel. Jadi, mahasiswa lain juga bisa melakukan hal yang sama; terus belajar, temukan, kembangkan," tutupnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini