nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahasiswa UI Optimalisasi Sel Surya dengan Silikon

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Jum'at 27 November 2015 15:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 11 27 65 1256780 mahasiswa-ui-optimalisasi-sel-surya-dengan-silikon-HTruWSN233.jpg Jason (berkacamata paling kiri) menjadi juara I bidang teori fisika dalam OSN Pertamina 2015. (Foto: Marieska HV/Okezone)

DEPOK – Jason Kristianto boleh saja baru duduk di semester satu. Namun mahasiswa baru itu berhasil mencatatkan prestasi sebagai juara pertama dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2015 kategori Bidang Teori Fisika.

Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) jurusan Fisika ini berhasil meneliti prinsip kerja efisiensi optimalisasi sel surya. Dia meneliti prinsip kerja konversi energi cahaya matahari agar berguna bagi masyarakat dengan langkah efisiensi maksimum. Berkat risetnya itu, Jason diganjar hadiah uang Rp8 juta.

"Saya memanfaatkan silikon murni untuk membuat sel surya berfungsi maksimum menghasilkan energi listrik," ujar Jason dalam acara pengumuman pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2015, di kampus UI Depok.

Cowok kelahiran Jakarta, 10 Desember 1997 ini menulis makalahnya selama satu bulan. Keberhasilannya menjadi juara sendiri dinilai berdasarkan komposisi 50 persen esai dan 50 persen lainnya cara presentasi makalah.

"“Saya lihat pesaing-pesaing saya banyak ambil data dari sumber internet atau literatur. Sedangkan saya mengerjakan penelitian sendiri. Mungkin ini yang membuat saya lebih unggul," ungkapnya.

Jason menyebut, saat ini bahan baku silikon masih tergolong mahal. Karena itulah diperlukan kerjasama multidisiplin ilmu untuk pengembangan risetnya tersebut.

"Saya masih mempertimbangkan segi ekonomisnya. Perhitungan yang saya hasilkan, 3 KWH untuk 1 meter persegi dan memenuhi 50 persen kebutuhan rumah tangga per hari. Baik jika dikembangkan di daerah terpencil yang masih sulit pasokan listrik. Mungkin bisa jadi pertimbangan Kementerian ESDM atau PLN," papar alumnus SMA 5 Penabur Kelapa Gading itu.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini