Senjata Teror Paris Ternyata Dibuat di Serbia

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Sabtu 28 November 2015 23:10 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 28 18 1257579 senjata-teror-paris-ternyata-dibuat-di-serbia-TCyPg1cs1U.jpg Senapan serbu yang digunakan pelaku teror Paris ternyata dibuat di Serbia (Foto: Reuters)

SERBIA – Beberapa senjata yang digunakan oleh pelaku teror Paris ternyata dibuat di Serbia pada dekade 1980. Hal ini dikonfirmasi oleh direktur sebuah pabrik senjata di Serbia.

Milojko Brzakovic, direktur Zastava, sebuah pabrik senjata asal Serbia, memastikan hal tersebut setelah melihat nomor seri yang tertera pada sekira delapan senjata yang diterimanya dari polisi. Senapan serbu M70 yang digunakan pelaku merupakan bagian dari senjata yang dikirim ke gudang militer di Slovenia, Bosnia, dan Makedonia.

“Tidak ada keraguan bahwa senjata-senjata tersebut buatan kami. Kami punya data seluruh nomor seri senjata yang pernah kami buat. Namun, sejak 1990 senjata-senjata tersebut hanya ada di gudang-gudang militer,” ujar Milojko, seperti diberitakan BBC, Sabtu (28/11/2015).

Senapan serbu M70 adalah versi modifikasi dari senapan serbu AK-47 versi Uni Soviet.

Zastava merupakan satu-satunya penyedia senjata bagi kepolisian dan militer Yugoslovia. Setelah perang Balkan pada dekade 1990, sebagian besar dari senjata-senjata tersebut dimiliki oleh warga lokal Serbia. Senjata-senjata tersebut banyak diselundupkan ke Eropa Barat dalam paket-paket kecil.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini