Remaja 15 Tahun Gugat Obama di KTT Perubahan Iklim

Silviana Dharma, Okezone · Selasa 01 Desember 2015 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 01 18 1258728 remaja-15-tahun-gugat-obama-di-cop21-9pHljzTgwP.jpg Obama digugat remaja 15 tahun soal perubahan iklim. (Foto: Next Shark)

PARIS – Aktivis perubahan iklim, Xiuhtezcatl Tonatiuh Martinez (15), menggugat Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama yang dinilai belum bisa meninggalkan penggunaan bahan bakar fosil yang merupakan sumber daya tak terbarukan.

"Obama pernah mengatakan bahwa perubahan iklim adalah salah satu masalah yang paling mendesak sepanjang waktu. Ia juga mengungkapkan keinginannya untuk melihat perlambatan naiknya air laut. Kita semua telah menyaksikan pidato itu,” serunya kepada Obama, sebagaimana dilaporkan Next Shark, Selasa (1/12/2015).

Remaja penerima United States Community Service Award 2013 ini, mengakui bahwa Obama telah mengupayakan berbagai cara untuk mengatasi masalah iklim, tetapi usaha ayah dua orang anak ini belum cukup.

“Berbicara itu mudah. Tapi yang ingin saya lihat adalah tindakan nyata dan janji-janji konkret dari negara kita (AS). Dan, komitmen untuk tindakan terhadap perubahan iklim," jelasnya.

Remaja asal Colorado ini merupakan salah satu aktivis muda yang diundang untuk menghadiri KTT Perubahan Iklim (COP21) di Paris, Prancis, pada 30 November sampai 11 Desember 2015.

Martinez tertarik menjadi aktivis lingkungan sejak berusia enam tahun. Setelah menonton dokumenter soal perubahan iklim, ia mendesak ibunya untuk mencari cara agar dirinya bisa ikut menyuarakan pembelaannya.

“Alasan kami memperjuangkan hal ini (perlambatan perubahan iklim) semua karena dunia ini adalah tempat kami bertumbuh, dan dunia yang akan menjadi tempat anak cucu kami di bertumbuh. Aksi ini tidak berdasarkan ego. Kami juga tidak berpolitik atau disokong investasi tertentu,” tegas Martinez.

“Kami di sini untuk mewariskan lingkungan terbaik bagi anak cucu kita di masa mendatang, kehidupan yang lebih baik dari sekarang. Kami melakukan bagian kami. Untuk itu, kami membutuhkan pemimpin dunia (political leaders) untuk bergabung dalam upaya ini dan melakukan bagian mereka,” pintanya.

12224622_1653689548239526_1176639525_n

Suara Martinez tidak akan mudah ditepis para petinggi negara dalam pertemuan yang dihadiri 140 pemimpin dunia serta ribuan kritikus dan wartawan tersebut. Sebab, pesannya jelas sangat mendesak dan penting.

Aktivis yang juga penganut aliran music hip-hop savvy ini bahkan meluncurkan situs sendiri bernama Earth Guardians untuk menyebarkan pesan moral di atas dan mendorong orang lain untuk mengambil bagian dalam gerakan perubahan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini