nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahasiswa Harus Peka Pada Pelayanan Publik

Afriani Susanti , Jurnalis · Minggu 06 Desember 2015 06:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 12 06 65 1261740 mahasiswa-harus-peka-pada-pelayanan-publik-c8xDQ0tGLq.jpg Ilustrasi: mahasiswa di kampus. (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Pemerintah menyediakan berbagai pelayanan publik untuk masyarakat. Namun dalam pelaksanaannya, sering kali ditemui hambatan dan kelambanan. Masyarakat, termasuk mahasiswa, harus peka pada pelayanan publik tersebut.

Pimpinan Ombudsman Republik Indonesia, Hendra Nurtjahyo mengajak mahasiswa untuk mau mengadukan bila ada tindak pelayanan yang tidak sesuai.

"Misalnya dosen mengajarnya tidak benar, sembarangan dan tidak beretika. Bisa diadukan sebagai pelanggaran," ungkapnya dalam Talkshow "Setiap Kita adalah pejuang pelayanan publik" di Universitas Bakrie.

Bagaimanapun, kata Hendra, mahasiswa sudah membayar administrasi. Sehingga mereka berhak untuk mendapatkan pelayanan yang baik.

"Tapi yang ada malah dosennya tidak baik, tidak masuk dan bila memberikan nilai tidak pada porsinya. Jadi sebenarnya pelayanan pelayanan publik itu luas," ujarnya.

Hendra berharap bila mahasiswa bisa menjadi perjuang bagi pelayanan publik. Ketika ada sarana-sarana dalam pelayanan publik tidak sesuai aturan, maka bisa mereka adukan juga ke pihak berwenang.

"Kalau di kampus, bisa diadukan pada dekan atau badan perwakilan mahasiswa," tambahnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini