Share

Mantan Pilot Jepang & AS Peringati 74 Tahun Pearl Harbor

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 07 Desember 2015 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 07 18 1262660 mantan-pilot-jepang-as-peringati-74-tahun-pearl-harbor-tuMlLWaeBs.jpg Mantan pilot AS Jack DeTour dan mantan pilot Jepang Shiro Wakita menuangkan wiski dalam seremoni Balckened Canteen untuk memperingati periistiwa 74 tahun lalu. (Foto: Reuters)

OAHU – Mantan pilot Amerika Serikat (AS) dan mantan pilot Jepang yang berseteru dalam Perang Dunia II bertemu kembali dalam sebuah reuni di Pearl Harbor, Hawaii, AS. Kali ini, mereka diliputi suasana persahabatan untuk mengenang kembali peristiwa yang terjadi 74 tahun lalu itu.

Kolonel Jack DeTour yang kini berusia 92 tahun dan pilot Tentara Kekaisaran Jepang, Shiro Wakita yang usianya lebih muda empat tahun bertemu di USS Arizona Memorial, sebuah kapal perang yang tenggelam dalam serangan Jepang ke Pearl Harbor pada 7 Desember 1941. Peristiwa tersebut telah merenggut sedikitnya 2.403 nyawa dan menyeret AS ke dalam front pasifik pada Perang Dunia II.

Dalam peringatan tersebut, kedua penerbang itu melakukan seremoni “Blackened Canteen” dengan menuangkan wiski dari sebuah tempat air peninggalan tentara AS ke makam para korban peristiwa tersebut.

Tempat air yang menghitam itu ditemukan pada 1945 di Shizuoka, Jepang saat angkatan udara AS membombardir Negeri Matahari Terbit. Tempat air berisi wiski itu ditemukan di antara puing-puing pesawat B-29 AS yang bertabrakan di udara dan setiap tahunnya dibawa ke Pearl Harbor untuk upacara peringatan ini.

“Mengetahui kami memiliki persahabatan ini adalah sesuatu yang hebat. Fantastis,” kata DeTour seperti dilansir dari Reuters, Senin (7/12/2015).

Baik DeTour maupun Wakita hadir di Pearl Harbor untuk mewakili rekan-rekan mereka, pasalnya tidak ada veteran Pearl Harbor yang masih hidup sampai saat ini. Veteran Pearl harbour terakhir dari USS Arizona, Joseph Langdell meninggal pada 4 Februari 2015 lalu pada usia 100 tahun.

“Tempat air itu adalah simbol perdamaian,” kata Dr. Hiroya Sugano, sang pemegang tempat air.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini