nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penderita AIDS yang Jalan Kaki Keliling Indonesia, Singgah di Semarang

Mustholih, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2015 16:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 12 15 512 1268074 penderita-aids-yang-jalan-kaki-keliling-indonesia-singgah-di-semarang-WtNJR8xroz.jpg Ilustrasi

SEMARANG - Wijianto, pengidap HIV/AIDS yang memutuskan berkeliling Nusantara dengan berjalan kaki, singgah ke Ibu Kota Jawa Tengah, Semarang. Pria berusia 33 tahun itu bertolak dari Ibu Kota Jakarta pada 7 November 2015.

"Saya ingin buktikan saya tetap bisa jalan dan beraktivitas seperti orang sehat," terang Wijianto usai penyuluhan HIV/Aids di Kelurahan Purwosari, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (15/12/2015).

Di tengah guyuran hujan, Wijianto tiba di Semarang, semalam. Selama 15 hari berjalan kaki, ia mengaku sudah singgah ke Bogor, Ciawi, Sukabumi, Cianjur, Cimahi, Bandung, Sumedang, Majalengka, Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, dan Semarang.

Di daerah yang disinggahi, Wijianto mengaku memberi penyuluhan soal bahayanya HIV/AIDS dan memberi semangat pada orang yang menyandang penyakit tersebut.

"Saya ingin patahkan pendapat orang dengan HIV atau AIDS itu terpuruk. Buktinya saya bisa kuat, kita masih berbuat lebih," ujar Widjianto.

Widjianto mengaku tahu terkena virus mematikan itu pada 2011. Penyebabnya ia mengkonsumsi putaw dengan jarus suntik pada 2002 sampai 2005.

Rencananya, Widjianto melanjutkan perjalanannya pada Kamis esok. Di Semarang, ia akan mengkampanyekan soal HIV/AIDS ke beberapa komunitas selama dua hari.

"Kamis akan melanjutkan ke Magelang dan Yogyakarta. Habis itu baru ke luar Jawa," tegas Wijianto.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini