nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trik Tetap Fokus di Kelas

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2015 10:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 12 17 65 1269301 trik-tetap-fokus-di-kelas-8xcxazMkeS.jpg Ilustrasi: Shutterstock

KULIAH menjelang dan pada siang hari memang sangat rawan. Cuaca panas, perut lapar, hingga mata kuliah yang membosankan dan dosen yang tidak atraktif menjadi beberapa alasannya.

Bagaimanapun juga, mahasiswa tetap harus dapat memusatkan perhatian di kelas. Jika tidak konsentrasi, bisa jadi terlewat berbagai informasi penting yang disampaikan dosen.

Coba trik ini untuk menjagamu tetap fokus di kelas.

Jika tidak bisa mendengar dosen

Salah satu solusinya adalah mengangkat tangan dan meminta dosen berbicara lebih kencang atau mengulangi penjelasannya. Jika sudah dilakukan dan suara dosen masih terdengar sayup-sayup, mungkin ini saatnya kamu pindah tempat duduk ke barisan depan. Dengan begitu, gangguan yang kamu hadapi pun akan berkurang.

Jika ada kebutuhan khusus

Banyak kampus sudah dilengkapi fasilitas bagi mahasiswa berkebutuhan khusus. Jika memungkinkan, ajukan permintaan agar dosen memberikan dispensasi tambahan waktu dalam ujian, mengerjakan ujian di lokasi yang lebih tenang atau meminta tolong teman membantu membuat catatan. Tidak perlu malu dan sungkan meminta bantuan. Pihak kampus, dosen dan teman-teman pasti ingin melihatmu sukses.

Jika teman senang mengobrol

Pindah kursi ke lokasi yang tidak terlalu bising, seperti di barisan depan. Jajaran ini biasanya diisi oleh orang-orang yang ingin fokus belajar. Jika perlu, minta bantuan dosen untuk menangani masalah teman yang suka mengobrol tersebut.

Jika waktu di kelas tidak cukup

Meski sudah berkonsentrasi, mencatat dengan baik, aktif di kelas, bisa jadi mahasiswa masih berjuang mendapatkan nilai bagus. Jangan khawatir, kamu bisa memanfaatkan jam kerja untuk berdiskusi dengan dosen mengenai materi perkuliahan yang masih susah dimengerti.

Jika merasa kelelahan

Biasanya, ini dirasakan saat kuliah pagi. Maklum, bergadang menyelesaikan tugas tentu membuat waktu istirahat berkurang. Akibatnya, di kelas mahasiswa merasa mengantuk dan sulit memfokuskan perhatian untuk belajar. Solusinya, pastikan mendapat waktu istirahat yang cukup setiap malam. Jika masih mengantuk, mungkin secangkir kopi di pagi hari bisa membantu.

Jika harus terus terhubung

Saat di kelas, usahakan tidak terganggu dengan berbagai notifikasi ponsel. Ketika masuk kelas, simpan ponsel di dalam tas dalam mode diam, kemudian lupakan hingga kuliah selesai. Jika memakai laptop, buka aplikasi yang mendukung kegiatan belajar seperlunya. Jangan tergoda membuka website selain yang dibutuhkan untuk kuliah.

Jika tertarik hal lain

Ada saja yang mengganggu pikiran saat di kelas, seperti rencana liburan akhir pekan, atau teringat kamar yang belum dirapikan karena terburu-buru. Teruslah berlatih agar dapat memfokuskan perhatian hanya pada pelajaran di kelas. Jika kuliah sudah usai, kamu bisa mengkhawatirkan dan memikirkan hal lain.

Jika mencatat sulit dilakukan

Di kelas, mahasiswa harus mendengarkan penjelasan dosen, mencatatnya sekaligus memproses informasi itu hingga mudah dipahami. Jika kamu merasa sulit melakukan beberapa hal dalam satu waktu, mengapa tidak mencatat dalam bentuk gambar atau diagram? Cara ini terbukti membantu pemahaman menjadi lebih baik. Atau, temukan cara mencatat lain yang sesuai dengan gayamu.

Selamat belajar!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini