PM Inggris Selidiki Alasan Warga Muslimnya Dicekal ke Disneyland AS

Jihad Dwidyasa , Okezone · Kamis 24 Desember 2015 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 24 18 1274140 pm-inggris-selidiki-alasan-warga-muslimnya-dicekal-ke-disneyland-as-DsZYFxt3vj.jpg Wahana bermain Disneyland AS (Foto: AFP)

LONDON – Didesak anggota Parlemen Inggris untuk bertindak, Perdana Menteri (PM) David Cameron pada hari ini menanggapinya dengan mengatakan sedang menyelidiki alasan beberapa warganya, yang merupakan keluarga Muslim, sampai dilarang terbang ke Amerika Serikat (AS) untuk berlibur di Disneyland.

“Kami tentu saja telah mendengar kasus ini. Pemerintah Inggris akan merespons kasus itu, dan PM Cameron sedang menyelidiki mengapa hal tersebut bisa terjadi, dengan meminta keterangan pada otoritas AS,” ujar seorang juru bicara PM Cameron, seperti diwartakan Reuters, Kamis (24/12/2015).

Keluarga Muslim yang dilarang ke AS dan berlibur ke Disneyland itu terdiri dari dua orang dewasa dan sembilan anak. Mereka menyatakan diperbolehkan terbang ke Los Angeles, AS, via online beberapa pekan lalu.

Namun ketika sebentar lagi berangkat melalui Bandara Gatwick, London, mereka justru dihentikan oleh petugas keamanan bandara, bahkan ditahan di sana untuk sementara.

Seorang sumber di Departemen Keamanan Dalam Negeri AS mengatakan, hanya satu pria dalam keluarga itu yang dilarang terbang ke Negeri Paman Sam. Namun karena satu keluarga tersebut memesan tiket secara bersamaan, maka semuanya dilarang terbang.

Departemen Keamanan Dalam Negeri AS hingga kini juga menolak memberi penjelasan mengapa rombongan yang berisi 11 orang tersebut masuk ke pesawat yang akan membawanya ke AS. Padahal, keluarga itu sebelumnya sudah mendapat izin.

Mohammad Tariq Mahmood, yang pergi bersama kakak dan sembilan anaknya, mengungkapkan petugas bandara tidak memberikan alasan jelas mengapa mereka dilarang pergi ke AS.

(aji)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini