nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UN Perbaikan Menyulitkan

Afriani Susanti , Jurnalis · Kamis 24 Desember 2015 09:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 12 24 65 1273988 un-perbaikan-menyulitkan-shKZw6EMKa.jpg Ilustrasi Foto: dok. Okezone.

JAKARTA - Tahun depan, Ujian Nasional (UN) akan dilaksanakan tiga kali. Ujian tersebut terdiri dari UN perbaikan bagi siswa yang mengikuti UN di tahun 2015, UN Utama, serta UN perbaikan bagi siswa yang mengikuti UN pada 2016.

Kepala Sekolah SMAN 3 Mataram Muhammad Jauhari menilai, UN susulan yang tahun depan akan dilaksanakan nampak menyulitkan. Pasalnya, bisa jadi para alumni sudah pindah kota untuk melanjutkan studi atau bekerja.

"Susah juga ya kalau nanti ujian tahun depan. Saya kan di Lombok sedangkan siswa-siswi saya mungkin sudah ada yang di Jakarta," ujarnya kepada Okezone, belum lama ini.

Baginya, UN susulan tidaklah penting karena dari perguruan tinggi sendiri tidak terlalu ngoyo untuk meminta perbaikan nilai UN.

"Untuk apa diulang? Biarkan saja berlanjut, tapi ya boleh kalau misalkan tahun depan dinaikkan standar nilainya," ujarnya.

Sekolah yang dipimpin Jauhari sendiri selalu mencatatkan prestasi dalam pelaksanaan UN setiap tahun. Buktinya, selama enam tahun terakhir, SMAN 3 Mataram menjunjung tinggi integritas dan kejujuran saat UN.

"Kalau kita mau berbicara curang, untuk apa. Integritas itu sendiri sebenarnya tujuannya ya supaya sekolah kami bisa bersaing secara nasional," tambahnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini