nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Khofifah Kenang Ibunda Gus Dur Dikejar-kejar Kyai saat Sosialisasikan KB

Mustholih, Jurnalis · Sabtu 26 Desember 2015 18:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 12 26 512 1275205 khofifah-kenang-ibunda-gus-dur-dikejar-kejar-kyai-saat-sosialisasikan-kb-uEIjew6Jbd.jpg foto: dok. Okezone

SEMARANG - Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, menghadiri konferensi organisasi Muslimat NU Jawa Tengah di Semarang. Di konferensi itu, Khofifah berbicara banyak hal, salah satunya tentang program Keluarga Berencana.

Menurut Khofifah, di masa-masa awal, program KB banyak mendapat penolakan. Bahkan di NU, kata dia, banyak kyai-kyai kampung yang mengeluarkan fatwa haram.

"Jadi kalau cerita KB, mohon maaf, di NU ketika Ibunya Gusdur (Solichah) melakukan sosialisasi kesehatan reproduksi perempuan, wah itu dikejar-kejar kyai. karena kyai-kyai masih mengharamkan KB," kata Khofifah di depan pengurus Muslimat NU Jawa Tengah, Semarang, Sabtu (26/12/2015).

Khofifah mengungkap peristiwa itu terjadi antara 1968-1969. "Kami punya fotonya. Kok ya sempat-sempatnya waktu itu ada yang motret," tutur Khofifah.

Khofifah menegaskan program KB bakal berjalan efektif jika didukung kaum laki-laki. Selama ini, program warisan Orde Baru itu hanya menyasar kepada kaum hawa.

"Bapak-bapak sering menggunakan filosofi ayam. filosofi ayam itu kawin di mana-mana, betinanya bertelur jadi anak, dia tidak bertanggungjawab," ujar Khofifah seraya disusul tertawa para hadirin.

Padahal, kata Khofifah, laki-laki punya peran sentral dalam rumah tangga. "Dalam perspektif islam, seberapa banyak harta yang dibawa itu tidak akan bisa mereduksi tanggungjawab terhadap anaknya," beber Khofifah.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini