nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diilhami Mimpi, Warga Sidoarjo Temukan Sumur Purbakala

Pramono Putra, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2015 14:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 12 29 519 1276784 diilhami-mimpi-warga-sidoarjo-temukan-sumur-purbakala-n8110Gno7D.JPG Ilustrasi Penemuan Benda Purbakala (Foto: Dok. Okezone)

SIDOARJO - Temuan bangunan purbakala yang diduga peninggalan Zaman Majapahit kembali gegerkan warga Sidoarjo.

Setelah menemukan situs purbakala di kawasan Desa Urang Agung-Sidoarjo beberapa bulan lalu. Kini warga kembali digegerkan dengan temuan sumur tua yang terletak sekitar 15 meter dari situs purbakala Urang Agung. Dilihat dari kondisinya, sumur yang ditemukan warga melalui mimpi ini diduga merupakan sumur peninggalan Zaman Majapahit.

Situs sumur tua dengan dinding batu bata itu ditemukan Sugiantono, warga Desa Urang Agung, Kota Sidoarjo, ditemukan kurang lebih 15 meter dari temuan situs bangunan purbakala, yang juga ditemukan Sugiantono akhir Oktober lalu. Sama dengan awal penemuan situs bangunan batu bata, penemuan sumur ini juga diawali oleh mimpi.

Berawal dari mimpi itu, Sugiantono menggali tanah yang berada di sekitar situs batu bata purbakala, hingga menemukan sumur yang juga berdinding batu bata besar, mirip yang digunakan pada bangunan situs purbakala.

Belum diketahui berapa dalam sumur tersebut, namun saat sampai kedalaman lima meter, Sugiantono dan warga setempat menghentikan penggalian, karena banyak endapan lumpur.

Sugiantono dan sejumlah warga menduga, sumur itu berhubungan erat dengan situs yang ditemukan awal. Menurut sejumlah ahli purbakala, situs batu bata yang ditemukan awal bahkan lebih tua dari masa Majapahit.

“Awalnya saya mimpi aneh, lalu ada dorongan buat menggali reruntuhan, ketika itu ketemu sumur ini. Saya yakin sumur ini dalam, tapi baru lima meter sudah ada endapan lumpur, jadi kita hentikan penggalian, bahaya juga,” papar Sugiantono, Selasa (29/12/2015).

Penemuan situs sumur tua ini kontan menarik perhatian warga sekitar. Sejumlah warga di sekitar Desa Urang Agung mendatangi temuan sumur ini, meski hanya sekedar ingin tahu. “Saya kira ini candi, tapi ternyata ini sumur tua, yah kayaknya ini peninggalan zaman dulu,” ujar Jono, salah seorang pengunjung situs.

Temuan ini sudah dilaporkan ke pihak desa dan aparat terkait, namun belum ada upaya lanjut untuk mengeksplorasi sumur itu. Atas inisiatif warga, akhirnya tanah di sekitar temuan sumur ditutup semen, agar tidak longsor saat hujan.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini