Yuk, Coba Beasiswa ke Ceko

Afriani Susanti , Okezone · Rabu 30 Desember 2015 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 30 65 1277235 yuk-coba-beasiswa-ke-ceko-6iLnALE6ry.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Mungkin negara Republik Ceko masih kurang akrab di telinga mahasiswa Indonesia. Tapi jangan salah, pendidikan tinggi di negara ini tidak kalah berkualitas. Bahkan, pemerintah dan berbagai lembaga donor juga murah hati dalam memberikan beasiswa.

Nah, untuk kamu yang tertarik belajar di Ceko, kamu bisa coba mendaftar diri dalam program Scholarship for Foreign University Students.

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang akan melanjutkan studi ke jenjang S-2 dan S-3. Penerima beasiswa akan mendapat tunjangan biaya hidup selama satu tahun pertama sebesar 700 Czech crown perbulan atau sekitar 250 euro. Bila prestasi yang kamu tunjukkan selama setahun memuaskan, tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapat tambahan biaya lagi bahkan dibebaskan dari biaya kuliah oleh universitas.

Persyaratan dalam program beasiswa ini antara lain mahasiswa di luar kewarganegaraan Uni Eropa yang ingin melanjutkan program magister atau doktoral dalam bahasa Ceko. Pelamar juga belum pernah belajar di salah satu universitas Ceko kecuali untuk kursus bahasa Ceko itu sendiri, menyukai program studi teknik dan ilmu alam, serta memahami bahasa Ceko.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan, yakni surat rekomendasi (dari universitas, sekolah, maupun atasan), CV, motivation letter, ijazah serta transkip yang diterjemahkan dalam bahasa Ceko.

Sejumlah persyaratan dan dokumen tersebut harus dipenuhi sebelum pendaftaran ditutup yakni pada 31 Januari 2016. Informasi selengkapnya, bisa kamu baca di website beberapa perguruan tinggi mitra yaitu:

- Masaryk University

- Brno University of Technology

- Mendel University of Agriculture and Forestry in Brno

- University of Veterinary and Pharmaceutical Sciences Brno

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini