10 Alasan Pilih Kuliah di Jepang

Iradhatie Wurinanda, · Rabu 30 Desember 2015 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 30 65 1277395 10-alasan-pilih-kuliah-di-jepang-kk58IMKKcb.jpg Jepang diminati pelajar internasional sebagai negara tujuan studi. (Foto: Japaneseammo)

JAKARTA - Jepang menjadi salah satu negara yang terkenal akan kemajuan teknologi dan inovasi. Berbagai universitas terkemuka juga tersedia di negeri sakura tersebut. Tak heran, kesempatan beasiswa kuliah di Jepang selalu menjadi incaran banyak mahasiswa di luar Jepang, termasuk Indonesia.

Mengutip Buku Panduan ke Jepang Chapter 1 oleh Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, setidaknya terdapat 10 alasan para mahasiswa ingin belajar di Jepang.

1. Tertarik dengan Jepang

Sebanyak 53,1 persen mahasiswa yang sedang belajar di Jepang mengungkapkan bahwa alasan mereka memilih Jepang sebagai destinasi kuliah adalah tertarik dengan kehidupan sosial di sana, sehingga ingin merasakan hidup di Jepang.

2. Belajar bahasa dan budaya

Belajar bahasa dan budaya memang lebih efektif jika dilakukan di negara yang bersangkutan. Tak heran, 46,4 persen mahassiwa asing di Jepang ingin mempelajari bahasa sekaligus budaya Jepang.

3. Tertarik pada pendidikan dan penelitian

Bagi para peneliti, Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki fasilitas memdasi untuk riset. Oleh karena itu, 33,2 persen mahasiswa yang sedang belajar di sana tertarik pada pendidikan dan penelitian di universitas yang ada di Jepang.

4. Bekerja di bidang yang ada di Jepang

Jepang memiliki berbagai industri, seperti di bidang otomotif dan teknologi. Hal tersebut membuat 29,3 persen mahasiswa yang belajar di sana ingin bekerja di bidang yang berhubungan dengan Jepang.

5. Rekomendasi orang lain

Sebanyak 26,4 persen mahasiswa internasional di Jepang kuliah di sana lantaran mendapat rekomendasi yang bagus dari teman, keluarga, kenalan, dan lainnya.

6. Ada bidang yang ingin dipelajari

Jepang unggul di berbagai bidang, terutama sains, teknologi dan teknik. Sebanyak 25,1 persen mahasiswa memilih Jepang sebagai destinasi kuliah karena di sana tersedia bidang yang ingin mereka pelajari.

7. Ingin mengenal budaya

Sebanyak 22,3 persen mahasiswa ingin mengenal budaya yang ada di Jepang hingga membuat mereka melanjutkan studi di sana.

8. Jaraknya dekat

Berada di benua Asia, lokasi Jepang tidaklah jauh dari Indonesia. Dengan biaya kuliah yang lebih murah ketimbang Eropa dan Amerika, 21,1 persen mahasiswa memilih untuk kuliah di Jepang.

9. Pertukaran pelajar

Sebanyak 4,7 persen mahasiswa berada di Jepang karena sedang melakukan program pertukaran pelajar untuk jangka waktu tertentu.

10. Dapat beasiswa

Setiap tahun pemerintah Jepang rutin memberikan beasiswa, salah satunya adalah Monbukagakusho. Oleh sebab itu, empat persen mahasiswa di sana kuliah di Jepang lantaran mendapat beasiswa.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini