Kenalan dengan Sistem Kuliah di Jepang, Yuk!

Afriani Susanti , Okezone · Rabu 30 Desember 2015 12:44 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 30 65 1277422 kenalan-dengan-sistem-kuliah-di-jepang-yuk-WpTZ1VXIHL.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Kamu suka animasi atau ingin memperdalam ilmu di bidang teknologi? Mungkin Jepang bisa menjadi salah satu negara yang masuk dalam daftar destinasi studimu di luar negeri nanti. Yup, Jepang memang menjadi salah satu negara di kawasan Asia yang memiliki sistem pendidikan unggulan.

Karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan studi ke Jepang, ada baiknya kamu tahu lebih dalam mengenai sistem pendidikannya. Dengan begitu, pilihan studi dan kampus bisa sesuai keinginan.

Sistem pendidikan di Jepang tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Semua anak usia sekolah wajib menyelesaikan pendidikan dasar selama 12 tahun terdiri dari enam tahun di Sekolah Dasar (SD), tiga tahun di bangku SMP, serta tiga tahun di bangku SMA. Usai menyelesaikan studi di bangku sekolah menengah, ada berbagai pilihan studi di jenjang pendidikan tinggi.

1. Colleges of Techology

Kotou senmon gakkou atau biasa disingkat KOSEN ini merupakan pendidikan langsung setelah jenjang SMP yang setara dengan universitas. Lama studinya mencapai lima tahun sedangkan pada bidang pelayaran selama 5,5 tahun.

Serupa dengan pendidikan vokasi, pendidikan di KOSEN menempatkan teori sebagai fondasi serta mengutamakan praktik, keterampilan praktis dan pengajaran teknologi berkelas dunia. Kebanyakan mata kuliah yang diajar berupa bidang tekik dan industri, namun ada juga pada bidang pelayaran.

Siswa asing umumnya melakukan transfer kredit perkuliahan untuk meneruskan belajar ke jenjang yang lebih tinggi mulai dari tahun ketiga, yaitu melalui program extension. Setelah lima tahun masa studi, lulusan KOSEN akan mendapatkan gelar "jun gakushi" atau ahli madya. Jika mengikuti ujian kesetaraan universitas dari National Institution for Academic Degrees, akan mendapat gelar "bachelor" (setara sarjana).

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini