Fakta Studi di Jepang

Afriani Susanti , Okezone · Rabu 30 Desember 2015 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 30 65 1277435 fakta-studi-di-jepang-cV6HU175zX.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Setiap negara pasti memiliki keunikannya masing-masing, termasuk dalam bidang pendidikan. Jepang, misalnya, terkenal unggul pada pendidikan teknologi dan sains.

Namun di samping keunggulan tersebut, ada beberapa fakta menarik seputar pendidikan di Jepang.

Tepat waktu

Masyarakat Jepang sangat menghargai waktu. Semua berjalan sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan. Jadi, pantang bagimu santai-santai saat belajar di Jepang, bisa jadi kamu akan tertinggal transportasi yang membawamu ke sekolah.

Tidak ada pemeringkatan kampus

Di Jepang, tidak ada pemeringkatan kampus yang resmi dikeluarkan pemerintah. Kalaupun lembaga swasta seperti penerbit maupun media massa mengeluarkan pemeringkatan, hal itu hanya sebagai pertimbangan tingkat kesulitan seleksi masuk ke suatu universitas. Pemeringkatan tersebut juga tidak berpengaruh pada mutu pendidikan itu sendiri.

Kualitas pendidikan unggulan

Negara yang terkenal dengan bunga sakura ini, memang terkenal memiliki kualitas pendidikan unggulan di dunia. Guna menjaga mutu pendidikan, Jepang kerap kali mengubah kurikulum sesuai perkembangan zaman dan makin tingginya permintaan kualifikasi serta kompetensi oleh dunia usaha.

Tidak ada ujian akhir dan kenaikan kelas

Jepang termasuk salah satu negara yang tidak memberlakukan ujian, baik ujian kenaikan kelas maupun ujian akhir. Setiap siswa yang sudah menyelesaikan proses belajar otomatis langsung naik ke tingkat berikutnya. Wah, seru ya!

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini