Kuliah di Jepang dengan Biaya Sendiri

Iradhatie Wurinanda, · Rabu 30 Desember 2015 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 30 65 1277443 kuliah-di-jepang-dengan-biaya-sendiri-971pyUOVVD.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Jepang merupakan salah satu negara maju yang ada di Asia dengan kualitas pendidikan yang baik. Tak heran, banyak pelajar dari berbagai negara memilih negara ini sebagai tujuan studi untuk meneruskan kuliah, baik S-1, S-2, maupun S-3.

Dengan banyaknya pelajar yang berminat untuk studi di Jepang, maka tidak semua dari mereka bisa mendapatkan kesempatan beasiswa. Jangan khawatir, berikut Okezone akan merangkum budget yang dibutuhkan untuk studi ke Jepang dengan biaya sendiri.

Biaya kuliah

Biaya kuliah di Jepang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan negara-negara di Eropa atau Amerika. Di Jepang untuk program sarjana di kampus negeri biaya kuliah sekira Rp60 juta hingga Rp70 juta per semester, sementara biaya di kampus swasta lebih bervariasi, tergantung dengan jurusannya. Namun, khusus pada tahun pertama, biaya kuliah akan ditambah dengan biaya masuk, sehingga bisa mencapai Rp90 juta.

Sewa apartemen

Kuliah di Jepang dengan biaya sendiri berarti kamu juga harus siap menanggung biaya tempat tinggal. Sewa apartemen untuk kalangan beasiswa, biasanya senilai antara Rp4 juta hingga Rp6 juta per bulan.

Makan

Biaya makan bisa ditekan jika kamu memilih untuk masak sendiri. Semakin sering makan di luar, maka biaya yang dikeluarkan akan semakin besar. Setidaknya butuh Rp2 juta hingga Rp4 juta per bulan

Biaya transportasi, kebutuhan kuliah, dan hiburan

Selama kuliah di Jepang, tentu kamu juga akan membutuhkan biaya transportasi, kebutuhan kuliah, seperti alat tulis dan buku, serta hiburan. Setidaknya untuk biaya ini kamu harus menyiapkan Rp2 juta hingga Rp4 juta per bulan.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini