Tips Memilih Kampus di Jepang

Iradhatie Wurinanda, · Rabu 30 Desember 2015 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 30 65 1277453 tips-memilih-kampus-di-jepang-hPjB5RO7kg.jpg Kuil Himeji di Jepang. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kampus yang memiliki reputasi yang baik dan terkenal belum tentu cocok dengan setiap orang. Oleh sebab itu, dalam memilih kampus, apalagi di luar negeri perlu untuk mempertimbangkan berbagai hal supaya tidak salah pilih.

Berikut ini beberapa tips memilih kampus bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di Jepang.

1. Bidang dan program

Pertama, tentukan dulu bidang apa yang ingin dipelajari. Kemudian, cari informasi kampus yang menyediakan program studi tersebut. Setelah itu, cari tahu juga program yang ditawarkan setiap universitas. Misalnya, menyediakan pengantar bahasa Inggris atau tidak, bagaimana gelar akademisnya, dan lain sebagainya.

2. Kemampuan diri

Ketahui kemampuan diri sendiri untuk memilih level kampus yang tersedia. Jangan sampai kemampuanmu tak sesuai dengan universitas yang dipilih sehingga membuatmu keteteran dalam mengejar pelajaran.

3. Fasilitas

Cermati fasilitas yang ada di kampus yang akan kamu pilih. Terutama bagi yang ingin mengembangkan riset atau penelitian, pastikan kampus yang dipilih memiliki fasilitas yang memadai.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini