Mantan Anggota Presidensial Bosnia Dituduh Lakukan War Crime

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 31 Desember 2015 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 31 18 1278633 mantan-anggota-presidensial-bosnia-dituduh-lakukan-war-crime-OR8pbF6Pug.jpg Borislav Paravac. (Foto: Direktno.hr)

SARAJEVO – Jaksa penuntut Bosnia – Herzegovina menuduh seorang mantan anggota tripartit presidensial dan tiga orang lainnya telah melakukan war crime atau kejahatan perang yang termasuk penyiksaan, pembunuhan dan pemulangan paksa terhadap warga sipil selama perang di negara itu pada 1992 sampai 1995.

Borislav Paravac yang menjabat sebagai salah satu anggota tripartit presidensial Bosnia pada 2003 sampai 2006, dituduh berpartisipasi secara sukarela dalam deportasi paksa, penjarahan, penyiksaan, dan pembunuhan terhadap warga non Serbia di Kota Doboj dan Teslic selama Peran Bosnia.

Bosnia-Herzegovina diperintah oleh sebuah badan beranggotakan tiga orang perwakilan masing-masing ras yang ada di negara itu, Bosnia, Kroasia, dan Serbia. Badan itu dinamakan Tripartit Presidensial Bosnia-Herzegovina dan secara kolektif bertindak sebagai kepala negara Bosnia-Herzegovina.

Kejahatan itu merupakan bagian dari serangan sistematis dan menyebar yang dilakukan pasukan Serbia yang bertujuan untuk melenyapkan warga non Serbia dari wilayah tersebut. Demikian dilaporkan Associated Press, Kamis (31/12/2015).

Sekira 100 ribu orang tewas selama Perang Bosnia, saat pasukan Serbia berusaha untuk menciptakan wilayah khusus bagi warga Serbia dengan mengusir atau melenyapkan warga non Serbia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini