Banjir Paraguay, 7.000 Warga Siap Diungsikan

ant, · Jum'at 01 Januari 2016 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 01 18 1279079 banjir-paraguay-7-000-warga-siap-diungsikan-BQ3ulbBDmJ.jpg Banjir Paraguay. (Foto: BBC)

ASUNCION - Pemerintah Paraguay menyerukan pengungsian total bagi warga Kota Kecil Alberdi. Sebanyak 7.000 orang siap diungsikan menanggapi ancaman banjir yang datang akibat jebolnya tanggul Sungai Paraguay.

Kota Alberdi, berjarak 234 kilometer dari Ibu Kota Paraguay, Asuncion, bagian barat daya Departemen Neembecu. Kawasan ini termasuk rawan banjir karena rumah-rumah penduduk berderet di sepanjang Sungai Paraguay, yang memisahkan negeri itu dengan Argentina.

"Saya tak memiliki hak hukum untuk menyerukan pengungsian paksa. Pengungsian harus bersifat sukarela," ujar Menteri Keadaan Darurat Nasional Paraguay Joaquin Roa ketika diwawancarai stasiun televisi nasional, Telefuturo, Jumat (1/1/2016).

Menurut Roa, kondisi tembok itu benar-benar tak bisa dijamin, dan pemeriksaan resmi dua hari lalu telah menemukan sejumlah keretakan dan potensi kebocoran.

Pemerintah sekarang akan melakukan sosialisasi dari rumah ke rumah guna memberitahu warga mengenai perlunya pengungsian di awal tahun ini.

“Kami sudah berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi Formosa di Argentina, yang ibu kotanya berada di seberang sungai dari Alberdi. Mereka menyatakan siap menyambut penduduk desa yang bersedia dipindahkan," tegasnya.

Kemarin, Kamis 31 Desember 2015, permukaan air Sungai Paraguay, yang melintasi Kota Kecil Alberdi sudah melebihi 9,65 meter ambang batas normal ketinggian air. Sejauh ini, banjir di Paraguay tersebar merata. Sekira 130 ribu orang telah diungsikan dari tempat tinggal mereka.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini