Bolu Setinggi 10 Meter di Pekanbaru Pecahkan Rekor

Senin 04 Januari 2016 17:58 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 04 340 1280525 bolu-setinggi-10-meter-di-pekanbaru-pecahkan-rekor-tpq6LxJJBc.jpg Susunan bolu gulung setinggi 10 meter (Foto: Riaumandiri.co)

PEKANBARU – Taman Hiburan Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru, Riau, pada libur panjang kali ini mengadakan upaya pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), berupa pembuatan kue bolu komojo setinggi 10 meter, Minggu 3 Januari.

Agenda ini sengaja dibuat untuk membantu dan menyukseskan "Riau The Homeland of Melayu" sebagai daya tarik nasional. Hal ini dikatakan Pengelola Alam Mayang, Pekanbaru, Riyono Gede Trisoko.

Riyono menjelaskan, kegiatan ini sebelumnya dibantu oleh Pasukan Khas (Paskhas) TNI-AU dan Sekolah Menegah Kejuran Negeri (SMKN) 3 Pekanbaru. Sedangkan bahan pembuatan kue bolu komojo setinggi 10 meter menghabiskan bahan sebanyak setengah ton tepung roti dan 5.000 butir telur.

"Kita mengerjakan lebih kurang selama tiga hari berturut-turut," terangnya.

Sementara, Manajer Penilai dari MURI, Awan Raharjo, selain memberikan Piagam MURI, juga memberi penilaian khusus, yakni adanya khasanah budaya kuliner yang mesti dilestarikan hingga ke anak cucu nantinya.

"Saya akui kali ini ada warna tersendiri dalam menilaian Rekor Muri yang tercatat 7.279, yakni mengangkat nilai tradisional Budaya Melayu Riau itu sendiri," paparnya.

Ditanya mengenai penilaian, Awam, menjelaskan, pertama dilihat dari tertinggi yang sebelumnya sudah dimenangkan oleh pembuat Kue Natal dan gulungan nasi tumpeng setinggi tujuh hingga delapan meter.

"Sebagai tim MURI pencatat berbagai kreatif dan inofatif, kami menginginkan dengan adanya kegiatan ini bisa memotifasi yang lain untuk berkarya," tutupnya.

(rtw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini