Bom Bandung Terbuat dari Black Powder, Berdaya Ledak Lemah

CDB Yudistira, Okezone · Senin 04 Januari 2016 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 04 525 1280296 bom-bandung-terbuat-dari-black-powder-berdaya-ledak-lemah-S0HCYmppF0.jpg foto: Illutrasi Okezone

BANDUNG - Bom rakitan yang meledak di depan rumah dinas Wali Kota Bandung, saat malam pergantian tahun berbahan dasar bubuk kimia black powder (mesiu) yang merupakan bahan peledak paling lemah.

"Dari barang bukti yang ditemukan di lokasi ledakan antara lain baterai kotak 9 volt, kabel, bolham mini dan jam tangan. Itu (benda-benda) tersebut sebagai triggernya," kata Kabidhumas Polda Jabar Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Senin (4/1/2016).

Pudjo mengatakan, sampai saat ini pihaknya sedang dalam tahap pengumpulan berbagai informasi yang didapat dari jajaran Polda Jabar, Polrestabes Bandung, Densus 88, Inafis, dan juga Puslabfor Mabes Polri.

"Sampai hari ini, kami terus mengumpulkan fakta-fakta dan informasi. Analisis-analisis juga tetap kami lakukan," ujar Pudjo.

Sekedar informasi, berdasarkan beberapa ungkapan kasus teror bom berdaya ledak rendah di beberapa daerah Indonesia, bom bahan black powder sangat mudah diciptakan sendiri atau istilah lainnya disebut home made bomb.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini