nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sukses Kuliah di Prancis Simpel Kok!

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2016 09:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 01 04 65 1280471 sukses-kuliah-di-prancis-simpel-kok-fNbRLwtcEf.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Prancis menjadi salah satu negara yang banyak dipilih pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi. Bagaimana tidak, selain terkenal akan seni dan budayanya, negara dengan ibu kota Paris tersebut juga memiliki banyak universitas berkelas dunia.

Menjalani dan meraih kesuksesan kuliah di Prancis sendiri simpel, kok, selama kamu mengikuti langkah-langkah panduan berikut ini, seperti dinukil dari laman Campus France, Selasa (5/1/2016).

1. Cari informasi

Setidaknya ada dua hal yang harus kamu cari tahu, yakni informasi mengenai Prancis dan informasi mengenai studi di Prancis. Untuk mencari informasi tentang Prancis, kamu bisa melakukannya melalui internet atau datang ke acara-acara yang diselenggarakan oleh Pusat Kebudayaan Prancis yang ada di beberapa kota di Indonesia.

Sedangkan informasi studi di Prancis yang wajib diketahui, yakni mengenai sistem pendidikan tinggi, program, biaya, dan universitas. Di Prancis sendiri terdapat dua jenis institusi pendidikan tinggi, yakni universitas dan grand ecoles.

Mahasiswa di grand ecoles jauh lebih sedikit ketimbang universitas dan telah melalui seleksi sangat ketat. Institusi ini sejajar dengan sistem universitas klasik. Banyak dari mereka didirikan pada abad ke-18 dan ke-19 dengan tujuan untuk memberi pelatihan kepada para insinyur.

2. Persiapkan diri

Persiapan utama sebelum berangkat kuliah ke Prancis adalah belajar bahasa Prancis. Apa pun program yang kamu ambil (perkuliahan dalam bahasa Prancis atau Inggris), dapat berkomunikasi dalam bahasa Prancis tetaplah penting untuk dapat merasa nyaman tinggal di Negeri Menara Eiffel tersebut.

Bagi yang mengambil program perkuliahan dalam bahasa Prancis, tingkat kemampuan bahasa yang diminta oleh universitas umumnya minimal DELF B2. Sedangkan untuk mahaiswa yang mengambil program perkuliahan dalam bahasa Inggris, setidaknya kamu harus bisa mencapai kursus bahasa Prancis minimal level A2.

3. Setiba di Prancis

Setiba di Prancis, setelah beradaptasi dengan lingkungan, maka kamu harus memulai perkuliahan dengan bekerja keras. Semakin rajin membaca, belajar dan mencari banyak info, maka hasil belajarmu akan memuaskan. Yang tak kalah penting, raih pengalaman di Prancis dengan mengunjungi kota-kota dan memelajari kehidupan dan budaya Prancis.

4. Saat pulang dari Prancis

Kedatanganmu ke Tanah Air tentu menjadi hal yang sangat membahagiakan bagi orangtua dan kerabat. Nah, supaya pengalamanmu juga berguna bagi orang lain, berpartisipasilah pada program testimonial untuk menceritakan hal-hal yang kamu alami selama kuliah di Prancis.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini