nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Vulkanis Bromo, Bandara Abdulrachman Saleh Kembali Ditutup

Achmad Saif Hajarani, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2016 12:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 01 05 519 1280993 vulkanis-bromo-bandara-abdulrachman-saleh-kembali-ditutup-cmPBfPsQLo.jpg foto: Antara

MALANG - Abu vulkanis letusan Gunung Bromo mengarah ke Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bandara Abdulrachman Saleh pun ditutup yang berujung pada pembatalan sembilan jadwal penerbangan. Penumpukan calon penumpang akhirnya tak terhindarkan.

Penutupan Bandara Abdulrachman Saleh berlangsung sejak pagi tadi. Penerbangan dari bandara ini melayani rute Malang-Jakarta dan sebaliknya serta Malang-Bali. Sebagian penumpang memilih mengalihkan penerbangan ke Bandara Juanda di Sidoarjo.

Meski kecewa lantaran adanya pembatalan secara mendadak, warga bisa memaklumi. “Ya mau marah gimana, inikan karena kondisi asal yang tidak memungkinkan. Kalau dipaksain justru bahaya buat keselamatan,” ujar seorang calon penumpang, Mery Laurensia.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Bandara Abdulrachman Saleh, Suharno, menerangkan penutupan akan berlangsung hingga rabu pagi. Namun bila debu vulkanis masih mengarah ke Malang, penutupan akan diperpanjang.

“Ada sembilan penerbangan yang dibatalkan karena penutupan ini,” terangnya.

Seperti diketahui, Gunung Bromo bergejolak sejak sebulan terakhir. Akibatnya, operasial Bandara Abdulrachman Saleh buka tutup. Bila abu vulkanis tidak mengarah ke Malang, maka operasional bandara kembali normal.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini