nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Reaksi Warga Korut Atas Uji Coba Bom Hidrogen

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 06 Januari 2016 23:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 01 06 18 1282418 reaksi-warga-korut-atas-uji-coba-bom-hidrogen-IlkcVoOhEU.jpg Warga Korut terlihat gembira mendengar negaranya sukses melakukan uji coba bom hidrogen. (Foto: BBC)

PYONGYANG – Sebuah video dari kantor berita Korea Utara (KCNA) tampak menampilkan reaksi warga Korea Utara (Korut) yang menonton pengumuman mengenai kesuksesan uji coba bom hidrogen yang dilakukan pemerintahnya.

Dalam video yang dilansir di BBC, Rabu (6/1/2015) itu, tampak sekelompok warga Pyongyang bertepuk tangan setelah menyaksikan pembaca berita mengumumkan kesuksesan uji coba tersebut melalui layar besar. KCNA mengatakan bahwa video yang mereka rilis diambil di ibu kota hari ini (6/1).

Pengumuman kesuksesan uji coba itu disambut dengan rasa bangga, nasionalistis, dan sedikit keheranan. Warga Korut menyatakan mereka gembira dengan uji coba itu dan meyakini senjata baru itu akan mencegah Amerika Serikat (AS) untuk menyerang mereka.

“Karena kami memiliki senjata ini (bom hidrogen), AS tidak akan menyerang kami,” kata seorang warga Korut bernama Kim Sok Chol kepada Associated Press. Meski begitu, Kim mengatakan dia tidak tahu banyak mengenai bom hidrogen yang di uji coba.

Seorang mahasiswa Korut, Ri Sol Yong juga mengutarakan pendapat serupa. Dia mengatakan bahwa senjata nuklir diperlukan untuk menghadapi AS.

“Jika kami tidak memiliki senjata nuklir yang kuat, kami pasti telah dijadikan budak AS,” ujarnya.

Belum ada konfirmasi dari pihak independen Korut mengenai uji coba bom hidrogen tersebut. membutuhkan waktu hingga beberapa pekan sampai hasil uji coba itu bisa dikonfirmasi oleh para ahli, jika mereka memang bisa memastikannya.

Terlepas dari benar atau tidaknya keberhasilan Korut menguji coba bom hidrogen, peristiwa ini telah mendapat kecaman dari dunia internasional. China, Rusia, AS, Korea Selatan, Jepang dan Indonesia adalah beberapa negara yang telah menyampaikan ketidaksenangan mereka atas tindakan yang diambil Pemerintahan Kim Jong-un.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini