nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fenomena Telaga Biru Hebohkan Warga Tangerang

Denny Irawan (Koran Sindo), Jurnalis · Rabu 06 Januari 2016 02:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 01 06 340 1281594 fenomena-telaga-biru-hebohkan-warga-tangerang-QH58Y24x4x.jpg Telaga Biru (Foto: Denny Irawan)

TANGERANG - Ada fenomena baru di Kabupaten Tangerang, yakni sebuah telaga dengan air berwarna biru kehijau-hijauan di Cigaru, Kecamatan Cisoka. Fenomena tersebut tak ayal membuat heboh warga se-antero Tangerang.

Air danau sendiri terlihat berubah-ubah. Hal ini membuat Cigaru diserbu ribuan masyarakat Tangerang, bahkan luar Tangerang. Tak ketinggalan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar pada Selasa (5/1/2016) ikut mendatangi telaga bekas galian pasir yang disebut Telaga Biru itu. 

"Pemerintah daerah punya tugas nanti memperbaiki infrastrukturnya, tapi yang paling penting adalah buat seluruh masyarakat yang tadinya bergantung sekali dengan tambang pasir ini akan jadi potensi baru yang lebih baik tanpa merusak lagi lingkungan yang harus kita jaga dan kelola bersama,” kata Zaki.

Menurut Zaki, fenomena Telaga Biru itu dapat menjadi potensi ekonomi masyarakat di sekitarnya. Ke depan, pihaknya akan melakukan penataan di wilayah tersebut, mulai dari tempat parkir, kemudian ada lahan untuk wisata alam dan wisata kulinernya. Sehingga tidak serta merta hanya telaga saja, perlu juga diperhatikan aksesnya.

“Yang kedua yang tak kalah penting, sudahlah kita setop semua galian pasir yang ada disini. Nanti kita lihat punya manfaat apa tempat tempat yang sudah terlanjur dibongkar dan dikeruk untuk jadi galian pasirnya, mudah-mudahan dengan fenomena ini bisa mengubah mindset masyarakat Cisoka,” katanya.

Sementara Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Tangerang, Hadisa Mahsyur, mengatakan, kadar keasamannya air di telaga tersebut lumayan tinggi. “Kadar asamnya mencapai tujuh,” katanya.

Sehingga air tersebut tidak bisa langsung diminum masyarakat. Kemudian untuk berenang juga lebih baik tak disarankan, karena cukup dalam. 

“Kenapa bisa berubah-ubah warna ya mungkin selain kadar asamnya tinggi, karena ada alga ganggang yang nanti bisa berubah terkena sinar matahari,” katanya. (Ari)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini