Share

Mentawai Punya Potensi Jadi Pusat Maritim Sumatera

ant, · Kamis 07 Januari 2016 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 07 340 1282602 mentawai-punya-potensi-jadi-pusat-maritim-sumatera-gZO6KuZMpi.jpg Wisata Selantai Mentawai (Foto: Dok. Okezone)

TUAPEIJAT - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Edi Sukarni mengatakan daerah tersebut diusulkan akan menjadi pusat maritim wilayah barat Pulau Sumatera.

"Hal itu sudah masuk dalam Rencana Strategis (Renstra) dalam tahun ini, tinggal rencana pengelolaan dari pusat bagaimana Mentawai bisa menjadi pusat maritim wilayah barat Pulau Sumatera," katanya di Tuapeijat, Kamis.

Ia menjelaskan, selain memiliki hutan mangrove yang paling luas di Pantai barat wilayah Sumatera, Kabupaten Kepulauan Mentawai juga memiliki potensi sumber daya laut yang cukup banyak serta daerah itu juga cocok untuk dijadikan semacam laboratorium penelitian hasil laut untuk samudera hindia.

Lebih lanjut, tambahnya, mangrove yang ada didaerah itu juga layak untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi objek wisata hutan mangrove yang saat ini masih terjaga dan dipelihara dengan baik yang melibatkan masyarakat lokal.

"Itu salah satu andalan Mentawai yang bisa dijadikan sebagai pusat maritim wilayah barat Pulau Sumatera, disamping itu ada beberapa potensi lainnya untuk bisa menunjang usulan tersebut, seperti wisata diving (menyelam) dan surfing," katanya.

Ia menyebutkan, untuk lokasi diving, Mentawai memiliki 32 lokasi penyelaman dengan pemandangan bawah laut yang indah dan tidak kalah dibandingkan dengan daerah lain. Sementara untuk surfing daerah tersebut memiliki 57 titik surfing dengan ombak yang bagus untuk olahraga tersebut.

Namun ia mengakui, diterbitkannya Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah salah satunya mengatur pengelolaan potensi laut yakni 0 sampai 12 mil menjadi kewenangan pemerintah provinsi akan mempengaruhi terwujudnya keinginan pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Tentunya ini akan membatasi ruang gerak pemerintah kabupaten untuk melakukan pengelolaan potensi laut yang ada didaerahnya," katanya Namun demikian, ia berharap pemerintah provinsi mempertimbangkan kebijakan lain untuk bisa menyerahkan pengelolaan potensi laut diserahkan kepada masing-masing kabupaten dan kota.

"Kami berharap ada mekanisme atau kebijakan lain dari pemerintah provinsi untuk menyerahkan pengelolaan potensi laut kepada pemerintah kabupaten, jika hal tersebut dapat terwujud semua potensi laut di Kabupaten Kepulauan Mentawai akan dapat dimaksimalkan dengan baik," katanya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini