Jembatan Ampera Akan Ditutup Selama Gerhana Matahari

Selasa 12 Januari 2016 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 12 340 1286528 jembatan-ampera-akan-ditutup-selama-gerhana-matahari-4iNKsMUvKw.jpg Jembatan Ampera di Palembang (foto: okezone)

PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selaran H Alex Noerdin mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Palembang untuk menutup jembatan Ampera selama berlangsung gerhana matahari pada 9 Maret mendatang.

"Kita akan berkoordinasi dengan Pemkot Palembang karena lalu lintas kendaraan tidak diperkenankan melalui jembatan Ampera mulai pukul 24.00 WIB 10.00 WIB," kata gubernur usai rapat pembahasan fokus pariwisata di Palembang, Selasa, (12/1/2016).

Menurut dia, penutupan jembatan Ampera itu karena lokasi tersebut akan dijadikan tempat masyarakat untuk melihat gerhana matahari total pada Maret mendatang.

"Gerhana akan dapat dilihat secara jelas bila berada di atas jembatan yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumsel itu," ujar dia.

Nantinya, lanjut gubernur, selama penutupan jembatan, lokasi itu akan dijadikan pusat kuliner sehingga masyarakat yang akan menyaksikan gerhana matahari dapat menikmati makanan khas daerah ini.

Dia mengatakan, tengah malam jembatan Ampera ditutup jadi sambil melihat gerhana matahari masyarakat dapat sarapan pagi di atas jembatan yang telah menjadi ikon Sumsel tersebut.

Oleh karena itu pihknya minta Pemerintah Kota Palembang dan instansi terkait lainnya di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan yang dibutuhkan dalam penutupan jembatan untuk menyaksikan gerhana matahari tersebut.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga mengatakan selain jembatan Ampera tempat menyaksikan gerhana matahari juga di Hotel Aryaduta Palembang.

Hal ini karena hotel tersebut cukup tinggi dan sering dijadikan memantau hilal untuk mengetahui lebaran, kata dia.

Bahkan, lanjut dia, hotel tersebut sudah dipesan banyak wisatawan mancanegara untuk menyaksikan gerhana matahari total mendatang, tambah dia. (ant)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini