nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Teror, Pengamanan Gedung Sate Diperketat

Oris Riswan, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2016 16:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 01 14 525 1288188 antisipasi-teror-pengamanan-gedung-sate-diperketat-jUBaMFmp0y.jpg Mobil yang Masuk Gedung Sate Diperiksa Menggunakan Metal Detector (Foto: Oris Riswan/Okezone)

BANDUNG - Gedung Sate yang merupakan kantor pusat pemerintahan Jawa Barat di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, diperketat pengamanannya. Hal itu dilakukan menyusul adanya aksi teror di Jakarta.

Pengamanan sengaja diperketat karena pihak pengelola Gedung Sate mendengar informasi bahwa teror akan menyasar objek-objek vital di daerah sasaran.

"Kita perketat keamanan di sini untuk mengantisipasi terjadinya aksi teror," kata Kabiro Humas, Protokol, dan Umum Setda Pemprov Jawa Barat, Ruddy Gandakusumah, Kamis (14/1/2016).

Pengetatan keamanan tersebut dilakukan tidak lama setelah aksi teror terjadi di Jakarta. Semua petugas keamanan di Gedung Sate pun diingatkan untuk semakin meningkatkan kewaspadaan.

Kendaraan yang biasanya bisa keluar-masuk dari dua pintu gerbang kini lebih tertutup. Kendaraan kini hanya diperbolehkan masuk ke Gedung Sate melalui pintu di dekat Jalan Banda dan Jalan Cilamaya. Sedangkan pintu keluar diarahkan melalui gerbang yang menuju Jalan Cisangkuy.

Kendaraan pun diperiksa dengan memakai metal detector. Mereka yang datang juga ditanya keperluannya dan diberi kartu khusus agar bisa masuk ke Gedung Sate. Sehingga mereka yang masuk ke Gedung Sate bisa lebih terdata.

"Di Gedung Sate, kita juga sudah lama menerapkan sistem keamanan terpadu. Jadi bukan hanya sekarang kita menerapkan keamanan ketat," jelas Ruddy.

Sebagai gambaran, ada 50 CCTV yang terpasang di berbagai titik di Gedung Sate. Seluruh kamera pun bisa terpantau di Pusat Komando dan Pengendalian (Puskodal).

Sementara bagi mereka yang akan masuk ke bagian dalam Gedung Sate, diwajibkan melapor pada petugas keamanan yang ada di pintu masuk. Para tamu pun akan diberi kartu tamu.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini