Image

Penyapu Danau Otomatis dari ITS

Alat sampah otomatis ciptaan mahasiswa ITS. (Foto: Dok. ITS)

Alat sampah otomatis ciptaan mahasiswa ITS. (Foto: Dok. ITS)

JAKARTA - Mungkin kita pernah melihat sebuah danau dengan air yang keruh. Hal itu terjadi karena kurang terawatnya danau tersebut. Berawal dari keprihatinan itulah, sejumlah mahasiswa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuat sebuah terobosan baru yaitu Water Crap Remover (WCR).

WCR merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mendeteksi sampah yang masuk ke permukaan kolam. Alat tersebut bekerja dengan menggunakan sensor inframerah.

"Sensor infrared ini kemudian dikonversikan menjadi sinyal untuk menggerakkan swiper atau penyapu," ungkap salah satu anggota tim, Arsyad seperti dinukil dari laman ITS, Kamis (14/1/2016).

Arsyad dan timnya merasa gelisah dengan keadaan danau di ITS yang kurang terawat. Selain itu banyak juga yang belum menyadari mengenai pentingnya kebersihan.

"Danau di ITS kurang sedap dipandang lantaran banyaknya sampah menggenang di atasnya. Ini karena banyak yang belum sadar kebersihan," ujarnya.

Alat ciptaannya dilengkapi tiga swiper. Masing-masing swiper tersebut memiliki fungsi menyapu atau mengarahkan sampah ke pembuangan sampah.

"Swiper utama berada di tengah dan berfungsi menyapu atau mengarahkan sampah ke swiper lain di pojok alat. Swiper lain inilah yang berfungsi untuk mengarahkan sampah menuju swiper pembuang. Nantinya sampah yang terkumpul di tepi kolam akan diangkat serta dibuang ke luar kolam secara otomatis," paparnya.

Mekanisme pembuangan itulah, kata Arsyad, yang menjadi keunggulan alat ciptaannya tersebut. Mereka sendiri berencana untuk bisa mematenkan alat tersebut sebelum akhirnya nanti dikomersilkan.

Meski demikian, Arsyad mengakui, alat WCR mereka juga masih memiliki kekurangan. Salah satunya karena komponennya yang belum bekerja secara maksimal.

"Tapi kami tetap akan berusaha mengembangkan alat ini agar siap dikomersilkan," tambahnya. (afr)

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x