nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Feeder Bus TransJakarta Rusun Marunda Mulai Beroperasi Hari Ini

Reni Lestari, Jurnalis · Minggu 17 Januari 2016 12:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 01 17 338 1290107 feeder-bus-transjakarta-rusun-marunda-mulai-beroperasi-hari-ini-aUf8Wtjqzn.jpg Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat menghadiri peluncuran {feeder} bus TransJakarta di Rusun Marunda, Jakarta, Minggu (17/1/2016). (Reni Lestari/Okezone)

JAKARTA - Konektivitas feeder bus TransJakarta di Rumah Susun (Rusun) Marunda, Jakarta Utara, mulai beroperasi hari ini. Penghuni rusun akan dilayani bus TransJakarta koridor Tanjung Priok-Rusun Marunda. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), berkesempatan menghadiri peluncuran konektivitas feeder bus TransJakarta yang pertama di rusun Ibu Kota tersebut.

"Kenapa mesti kasih bus? Orang masuk ke sini kalau biayanya mahal, pasti beli motor makanya mesti kasih bus," kata Ahok di Rusun Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (17/1/2016).

Meski layanan ini dapat diakses secara cuma-cuma alias gratis bagi penghuni rusun, Ahok menekankan pentingnya perbaikan bus dari segi kenyamanan. Jika kenyamanan bus terjamin, hal tersebut akan mendorong pengguna kendaraan pribadi khususnya motor dan mobil mewah untuk beralih ke kendaraan umum ini.

"Saya sengaja tadi naik bus, saya bilang sama Dirut TransJakarta, saya enggak mau bus kayak gini, sakit pantat. Anda harus sediakan bus yang saya senang naiknya, nyaman, supaya orang yang biasa naik mobil mewah beralih ke bus," ucapnya.

Konektivitas bus TransJakarta dengan Rusun Marunda ini merupakan yang pertama diresmikan di Jakarta. Ke depan, masih ada sembilan rusun yang akan terkoneksi dengan TransJakarta. Rusun tersebut adalah Rusunawa Daan Mogot, Rusunawa Tambora, Rusunawa Kapuk Muara, Rusunawa Flamboyan, Rusunawa Cipinang Besar Selatan, Rusunawa Buddha Tzu Chi, Rusunawa Pulogebang, Rusunawa Pinus Elok, dan Rusunawa Rawa Bebek.

Berikut daftar koridor TransJakarta yang melayani penghuni rumah susun:

1. Rusunawa Daan Mogot dan Tambora terkoneksi dengan Kopaja B 87 (Kalideres-Muara Baru),

2. Rusunawa Kapuk Muara dan Flamboyan terkoneksi dengan Metromini B 82 (Kalideres-Grogol).

3. Rusunawa Cipinang Besar Selatan terkoneksi dengan Kopaja T 502 (Kampung Melayu-Tanah Abang).

4. Rusunawa Pinus Elok dan Rawa Bebek terkoneksi dengan Metromini T42 (Pulogadung-Pondok Kopi).

5. Rusunawa Buddha Tzu Chi terkoneksi dengan Bus Kota Terintegrasi Busway.

6. Rusunawa Pulogebang terkoneksi dengan‎ Metromini T 44 (Pulogadung-Pulogebang).

Sementara itu, berikut adalah ketentuan bagi penghuni rusun untuk menggunakan layanan bus gratis:

1. Warga pemilik KTP rumah susun

2. Bagi anak-anak yang belum memiliki KTP, menggunakan Kartu Jakarta Pintar (KJP).

3. Mengisi formulir yang telah disediakan.

4. Pastikan nama, alamat, dan nomor KTP benar agar memudahkan petugas mengecek.

Petugas memastikan penggunaan Kartu Penguni Rumah Susun Provinsi DKI Jakarta dilakukan oleh pemilik sah dengan cara memeriksa nama dan alamat yang tertera di formulir dengan KTP. Jika terdapat perbedaan data, layanan bus gratis tidak bisa diberikan. Pendamping atau orang selain pemilik KTP rumah susun diwajibkan membeli tiket TransJakarta.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini