nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Evakuasi Eks Gafatar di Kalbar, Polda DIY Kirim Pasukan Brimob

Markus Yuwono, Jurnalis · Rabu 20 Januari 2016 13:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 01 20 510 1292713 evakuasi-eks-gafatar-di-kalbar-polda-diy-kirim-pasukan-brimob-TZOGEaLfBh.jpg Warga eks gafatar yang disuri dari Kamp Mempawah, Kalimantan Barat (Foto: Antara)

YOGYAKARTA - Untuk melakukan evakuasi terhadap eks anggota organisasi Gerakan Fajar Nusantar (Gafatar) yang diusir dari Mempawah, Kalimantan Barat, Polda DI Yogyakarta memberangkatkan satu kompi pasukan Brimob.

"Kami diminta Mabes Polri untuk mengirim pasukan ke Mempawah. Tim memberangkatkan satu kompi Brimob atau sekira 100 orang, dipimpin komandan Kompi Brimob," kata Kapolda DIY, Brigjen Pol Erwin Triwanto kepada wartawan di Mapolda DIY, Rabu (20/1/2016).

Erwin mengatakan, dari informasi yang dihimpun dari Polda Kalimantan Barat, di kamp Mempawah, ada sekira 50-an warga DIY, ada lima orang nama yang identik, dari 79 orang yang dilaporkan hilang ke Mapolda DIY. Namun demikian, pihaknya belum bisa memberikan nama yang identik tersebut.

"Hari ini kita diminta mengirim pasukan pengamanan dan juga untuk evakuasi masyarakat di beberapa wilayah," ucapnya.

Erwin mengungkapkan, beberapa orang yang dilaporkan hilang sudah kembali, namun saat ini tidak bisa di-publish, karena permintaan pribadi. Polisi juga belum bisa melakukan pemeriksaan kepada mereka.

"Kalau dari keterangan dari yang melapor pernah ikut organisasi. Semoga ke depan mereka mau memberikan keterangan," katanya.

Erwin mengaku, belum bisa memastikan kedatangan warga yang diusir dari Kalimantan Barat tersebut. "Yang pasti kita akan berikan keamanan bagi mereka kalau kembali nanti. Bagaimanapun mereka warga kita juga, kalau mungkin kemarin khilaf," pungkasnya.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini