nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PBHI Yogyakarta Kecam Aksi Vandalisme di Tembok Masjid

Prabowo, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2016 11:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 01 21 510 1293456 pbhi-yogyakarta-kecam-aksi-vandalisme-di-tembok-masjid-eJowdHijNI.jpg foto: ilustasi Okezone

YOGYAKARTA - Perhimpunan Bantuan Hukum Hak Asasi Manusia Indonesia (PBHI) Yogyakarta meminta pihak kepolisian mengusut tuntas tindakan vandalisme dengan mencorat-coret tembok Masjid Wiworo Tcipto Gedungkiwo Mantrijeron, Yogyakarta.

Aksi itu tidak bisa dibenarkan dan harus diungkap secara terbuka karena sensitif dan dapat menimbulkan gejolak di masyarakat. Mereka tak ingin terjadi hal yang tak diharapkan, seperti muncul isu yang justru dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat.

"Kami mengecam aksi vandalisme yang telah dilakukan orang yang tidak bertanggung jawab tersebut," kata Direktur PBHI Yogyakarta, Adnan Pambudi, Kamis (21/1/2016).

Dia menduga, orang yang telah melakukan tindakan vandalisme tersebut bertujuan menebar teror dan menimbulkan gejolak di masyarakat. Terlebih, akhir-akhir ini marak muncul berbagai isu, termasuk terorisme.

Menurutnya, aksi vandalisme yang dilakukan di tempat ibadah seperti masjid maupun tempat ibadah lainnya merupakan perkara yang cukup serius dan harus cepat penanganannya. Jika tidak, masyarakat akan melakukan tindakan yang justru melanggar hukum.

"Karena itu, kepolisian harus penuh kehati-hatian dan cepat mengambil sikap karena kalau tidak akan menjadi fatal," ujarnya.

Tindakan cepat pihak kepolisian, ia mengungkapkan, minimal dapat meredam isu-isu yang dapat menimbulkan gejolak di masyarakat.

Pihaknya meminta masyarakat tetap tenang menyikapinya serta tidak terpengaruh. Kewaspadaan dan kedewasaan diri harus tetap menjadi prioritas dalam bersikap. Sekadar diketahui, sebelumnya kasus serupa pernah terjadi di masjid yang berada di Jalan Wonosari.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini