Dinosaurus 201 Juta Tahun Ini Akhirnya Diberi Nama

Silviana Dharma, Okezone · Jum'at 22 Januari 2016 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 22 18 1294194 dinosaurus-201-juta-tahun-ini-akhirnya-diberi-nama-yYbNZrg4ns.jpg Prediksi wujud {Dracocaptor Hanigani}. (Foto: Arstechnica)

PENARTH – Fosil Dinosaurus berusia 201 juta tahun yang ditemukan di Wales, Inggris akhirnya secara resmi diberi nama Dracoraptor Hanigani atau Naga Pencuri.

Nama belakangnya, Hanigani diambil dari nama kakak beradik Welsh penemu fosil makhluk legendaris itu di Penarth, Wales Selatan pada 2014. Mereka adalah Rob dan Nick Hanigan.

“Draco merupakan nama yang tepat menurut kedua penemu itu karena fosil dinosaurus yang mereka temukan di Wales itu mencerminkan rupa naga yang sering digambarkan dalam bendera Wales,” ujar Dave Martil, peneliti dari Universitas Portsmouth, seperti dikutip dari IGN, Jumat (22/1/2016).

Dracocaptor adalah dinosaurus pemakan daging, yang menggunakan gigi runcingnya untuk mengoyak mangsanya menjadi potongan-potongan kecil. Diyakini, makhluk ini adalah Jurassic tertua yang pernah ditemukan di Inggris. Hampir 40 persen bagian dari hewan raksasa ini berhasil dikumpulkan, antara lain tulang pada bagian kaki, gigi, tengkorak dan rahang.

“Memang benar diversifikasi dinosaurus pemakan daging adalah theropoda atau disebut juga neotherapods. Namun yang menarik memang, jika sudah tersusun secara utuh, diperkirakan bentuknya akan menyerupai campuran Tyrannosaurus Rex, Velociraptor dan bahkan burung," ungkap Steven Vidovic, anggota penyusunan fosil ini.

Ditelisik dari waktu kepunahannya, hewan purbakala ini kemungkinan berasal dari era Mesozoic. Dari situlah para peneliti fosil mengetahui prakira umur Dracocaptor Hanigani.

Dilansir dari Arstechnica, dinosaurus ini seukuran dengan macan tutul (leopard), atau bisa juga sebesar cheetah. Tingginya kira-kira 70 sentimeter, dengan panjang 200 sentimeter. Diduga, Draco berkerabat dekat dengan T-Rex.

Meski belum sempurna, kerangkanya sekarang dipamerkan di Museum Nasional Wales di Cardiff.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini