Tujuh Kebiasaan Orang Jenius yang Wajib Ditiru

Rizka Diputra, Okezone · Selasa 26 Januari 2016 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 26 65 1297420 tujuh-kebiasaan-orang-jenius-yang-wajib-ditiru-99Qe4w76Ua.jpg ilustrasi (Foto: Super Scholar)

JAKARTA - Jenius ialah predikat yang layak disematkan kepada seseorang dengan kapasitas kecerdasan di atas rata-rata dalam bidang intelektual. Hal itu dapat diimplementasikan melalui hasil kerja yang kreatif dan tentunya orisinil.

Orang jenius lazimnya menunjukkan imajinasi yang tinggi, sehingga selalu berinovasi. Seseorang dapat dikategorikan jika ia memiliki Intellegence Quotient (IQ) di atas 140.

Di samping itu, para orang jenius juga memiliki berbagai kebiasaan yang sangat memengaruhi kejeniusannya. Berikut ini kebiasaan-kebiasaan orang jenius yang wajib ditiru sebagaimana dilansir dari pendidikanindonesia.com :

Minum Teh atau Kopi

Menurut berbagai penelitian, zat kafein yang terkandung dalam kopi dapat membantu kerja jantung dan otak untuk terus terjaga dan bekerja lebih baik. Namun, tak dipungkiri kafein jika dikonsumsi secara berlebihan maka akan membahayakan bagi kesehatan tubuh kita, sehingga minumlah kopi atau teh sewajarnya saja.

Memakan Ikan

Ikan merupakan sumber protein yang berfungsi meregenerasi sel-sel mati. Adapun jenis-jenis ikan yang mengandung Omega 3 cukup tinggi di antaranya ikan salmon, dan ikan sarden. Kandungan Omega 3 asam lemak pada ikan Salmon berperan penting meningkatkan kinerja fungsi otak.

Kandungan di dalam ikan Salmon juga bermanfaat untuk peningkatan kondisi dan kewaspadaan serta mengurangi risiko mental degeneratif penyakit (seperti demensia). Meningkatkan daya ingat, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi depresi, kecemasan dan juga hiperaktivitas.

Memainkan dan Menyambung Kata/Data

Orang jenius memiliki hobi memainkan dan menyambungkan kata dan data. Maksudnya ialah permainan yang membutuhkan kecerdasan logika seperti mengisi teka-teki silang (TTS), dan sebagainya.

Jarang Menonton Televisi

Kebanyakan orang jenius menghabiskan waktunya untuk menonton sehari dengan durasi hanya satu jam. Itupun mereka menonton tontonan yang berbobot dan memiliki nilai edukasi.

Tidak Minum Alkohol

Minuman mengandung alkohol menurut perspektif agama, khususnya Islam ialah haram hukumnya. Minuman beralkohol sangat tidak dianjurkan bagi orang-orang jenius lantaran berbahaya bagi kesehatan. Menurut ilmu kedokteran, alkohol akan merusak saraf dan melemahkan kinerja otak anda.

Biasakan Membaca Novel

Orang jenius juga memiliki kebiasaan membaca novel. Sebab, dengan membaca novel, imajinasi seseorang akan aktif dan otak cenderung selalu berfikir atau tidak diam.

Membuat Catatan Kecil/Notes

Sesuatu jika tidak dicatat, ibarat kita mendapatkan hewan buruan tetapi tidak diikat terlebih dahulu, dan akhirnya hewan itupun kabur. Demikian pula halnya dengan ilmu pengetahuan. Jika tidak "diikat" dengan tulisan, maka seketika itu pula akan mudah dilupakan.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini