nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keuntungan Kuliah Komunikasi Bagi Si Pemalu

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2016 16:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 01 26 65 1297497 keuntungan-kuliah-komunikasi-bagi-si-pemalu-4WbMCdohjB.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Mahasiswa komunikasi identik dengan mudah bergaul, berani berbicara, dan berpenampilan menarik. Alhasil, mereka sering didaulat menjadi moderator atau MC di acara-acara kampus.

Pada kenyataannya, tak semua mahasiswa komunikasi sudah punya kemampuan berbicara sejak awal masuk kuliah. Bahkan, beberapa di antaranya mengaku termasuk pribadi pemalu semasa di bangku sekolah.

"Justru saya waktu SMA merasa kurang percaya diri dan sulit ngobrol dengan orang. Saya cenderung susah menjalin hubungan sama teman-teman," ucap mahasiswa Komunikasi Universitas Tarumanagara (Untar), Eric Stefano Chandra, belum lama ini kepada Okezone.

Eric menceritakan, sifat pemalunya itu membuat dia memutuskan kuliah di jurusan komunikasi. Dia yakin, tuntutan mahasiswa komunikasi akan mengubah pola pikirnya untuk lebih terbuka.

"Ternyata benar, saya mulai berpikir kalau punya gelar komunikasi tidak boleh jadi anak yang biasa-biasa saja. Saya mulai membiasakan diri untuk gaul dan mau mengobrol dengan teman-teman," tuturnya.

Cowok yang mengambil peminatan public relation ini mengaku, memasuki semester ketiga kuliah, dia mulai menemukan kenyamanan dan merasakan perubahan, baik dari rasa percaya diri hingga kemampuan berbicara.

"Saya ikut UKM radio. Terus mulai latihan, sampai akhirnya semester tiga jadi penyiar. Lama-lama jadi lancar, padahal awalnya sempat malu, ngomong masih belibet, grogi, dan bingung lihat banyak tombol," terangnya.

Kini, mahasiswa semester tujuh ini sudah menjadi pribadi yang percaya diri. Bahkan, selain lancar menjadi penyiar radio, Eric juga sering didapuk menjadi MC untuk berbagai acara, baik di kampus maupun di luar kampus.

"Paling berkesan itu jadi MC wisuda Untar karena itu kan di hadapan orang-orang terhormat, dari dosen, orangtua, sampai mahasiswa yang jumlahnya ribuan. Saya juga pernah menjadi MC acara Electro Run, dan itu juga salah satu acara besar yang pesertanya banyak," imbuhnya. (ira)

(rfa)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini