nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suka Duka Mahasiswa Komunikasi Magang di Radio

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2016 20:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 01 26 65 1297724 suka-duka-mahasiswa-komunikasi-magang-di-radio-0DpeoxIXp2.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Setiap mahasiswa jurusan komunikasi pada umumnya akan merasakan masa magang di perusahaan sebagai salah satu syarat kelulusan. Pada kesempatan tersebut, mereka akan merasakan dunia kerja, sesuai dengan bidang studi yang diambil.

Salah satu alumnus Universitas Indonesia (UI), Sefiana Putri mengatakan, tidak akan pernah melupakan momen saat menjadi reporter magang di sebuah kantor berita radio di kawasan Jakarta Timur. Menurut dia, tantangan reporter radio cukup berbeda dengan reporter pada umumnya.

"Kantor berita radio tempat aku magang itu juga ada online-nya. Jadi setelah liputan, aku bikin dua berita. Pertama untuk berita online, yang satunya lagi aku memilih pernyataan narasumber untuk disiarkan di radio," ujarnya dihubungi Okezone, belum lama ini.

Karena harus mengedit audio, cewek yang akrab disapa Putri ini wajib membawa laptop setiap sedang liputan. Kendati sering merasa bawannya cukup berat, hal tersebut tidak membuatnya patah semangat. Dia justru merasa sangat menikmati pekerjaannya.

"Apalagi waktu magang itu pas lagi pemilu presiden, aku sering meliput acara-acara debat politik. Pokoknya sibuk banget," tuturnya.

Dari sekian banyak liputan, pengalamannya yang paling berkesan adalah saat dia harus mewawancarai simpatisan Presiden Joko Widodo yang rela naik becak dari Jawa Timur sampai Jakarta. Ketika itu masih masa kampanye Pemilihan Presiden.

Tanpa waktu yang bisa ditentukan, Putri harus menunggu momen saat orang tersebut tiba di Jakarta. "Aku nungguin orang yang naik becak itu di perbatasan Jakarta-Bekasi, tepatnya di Kalimalang. Sempat lama banget enggak datang-datang sampai akhirnya dia lewat terus aku harus ngejar untuk wawancara. Padahal aku juga enggak bawa motor jadi naik kendaraan umum. Pokoknya seharian cuma meliput orang itu, tapi seru," paparnya.

Putri menambahkan, merasa sangat beruntung lantaran bisa magang menjadi reporter untuk berita radio. Apalagi, saat ini cewek yang baru lulus 2015 lalu juga bekerja di industri radio. "Enggak nyangka juga sekarang malah kerja di radio, meskipun bukan jadi reporter tapi jadi penyiarnya," tukasnya. (ira)

(rfa)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini