Galian Pipa PDAM Diharapkan Tak Rusak Jalan

ant, · Rabu 27 Januari 2016 08:28 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 27 340 1298054 galian-pipa-pdam-diharapkan-tak-rusak-jalan-ReCf4PYENa.jpg foto: ilustrasi Okezone

BANJARBARU - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalimantan Selatan, Martinus, mengharapkan galian pipa yang dilakukan Perusahaan Daerah Air Minum tidak merusak jalan yang sudah beraspal mulus.

"Kami masih banyak melihat galian pipa PDAM merusak jalan sehingga ke depan. Hal itu tidak terjadi lagi karena sangat merugikan ketahanan jalan," ujarnya di Banjarbaru, Selasa 26 Januari.

Permintaan itu disampaikan pada rapat umum penyertaan modal (RUPM) PDAM Intan Banjar tahun buku 2015 yang dilakukan untuk mengetahui laporan kinerja perusahaan daerah tersebut.

Penjabat Wali Kota Banjarbaru itu mengatakan, kondisi yang banyak ditemui di beberapa daerah ini harus diperhatikan PDAM sebagai pelaksana proyek.

"Kami mendapat banyak keluhan masyarakat terkait jalan rusak padahal baru diaspal. Ternyata setelah di cek, sebagian besar penyebabnya akibat penggalian pipa," ucapnya.

Martinus mengatakan, kerusakan jalan akibat galian pipa PDAM juga bisa menjadi penyebab kecelakaan.

Setiap penggalian pipa yang dilakukan PDAM, ungkap Martinus, semestinya bisa dikembalikan sesuai volume. Jadi, ruas jalan yang dipasangi pipa tidak rusak.

"Seharusnya begitu penggalian pipa selesai dikerjakan, tanahnya dikembalikan lagi. Namun, kami lihat sejumlah pelaksana proyek tidak mau mengembalikannya," tuturnya.

Menurut Martinus, seharusnya proyek penggalian pipa PDAM yang bertujuan meningkatkan pelayanan tidak merusak fasilitas umum yang digunakan masyarakat.

"Koordinasi sangat diperlukan dan harus dilakukan PDAM kepada dinas dan instansi terkait sehingga proyek penggalian tidak merusak jalan dan fasilitas umum," katanya.

Direktur Utama PDAM Intan Banjar Syaiful Anwar mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas PU baik Pemprov Kalsel maupun Pemkab Banjar dan Pemkot Banjarbaru.

"Permintaan Kadis PU Kalsel akan kami perhatikan. Pelaksana proyek akan diminta memperhatikan galian pipa yang dikerjakan sehingga tidak merusak jalan," ucapnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini