nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perbatasan Sudan & Sudan Selatan Dibuka untuk Pertama Kalinya

Silviana Dharma, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2016 17:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 01 28 18 1299500 perbatasan-sudan-sudan-selatan-dibuka-untuk-pertama-kalinya-u0wJ2NFU83.jpg Perbatasan Sudan dan Sudan Selatan akhirnya dibuka kembali. (Foto: Independent)

KHARTOUM – Perbatasan antara Sudan dan Sudan Selatan akhirnya dibuka kembali untuk pertama kalinya sejak resmi memisahkan diri pada 2011. Perintah pembukaan itu diserukan sendiri oleh Presiden Sudan Omar Hassan al Bashir.

“Presiden Omar mengeluarkan keputusan itu hari ini, Kamis (28/1/2016). Ia memerintahkan perbatasan dengan Negara Sudan Selatan dibuka dan pihak berwenang yang relevan untuk mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melaksanakan keputusan ini di tanah perbatasan tersebut,” demikian keterangan dari pejabat otoritas setempat, dilansir dari Independent, Kamis (28/1/2016).

Kabar ini segera menjadi kabar baik yang disambut warga di kedua negara yang memiliki kerabat, yang dipaksa berpisah akibat perang sipil panjang dan referendum pemisahan diri pada 2011.

“Ini adalah langkah positif yang dapat membawa hubungan antara kedua Sudan kembali normal. Dibukanya perbatasan juga jalan terbaik untuk meningkatkan kerja sama ekonomi,” ujar juru bicara Sudan Selatan Michael Makuei Lueth, dikutip dari Reuters.

Presiden Sudan Selatan, Salva Kiir juga secara mengejutkan dan sepihak mengumumkan perbaikan hubungan dengan Bashir pada Selasa 26 Januari.

Pekan lalu, Bashir bahkan setuju untuk memotong biaya transit minyak Sudan Selatan setiap kali melintasi wilayah Sudan (utara) melalui pipa ke Laut Merah.

Sebelumnya, ketegangan antara kedua negara meningkat akibat saling tuduh. Khartoum menuduh Juba (kini Ibu Kota Sudan Selatan) menyokong kaum pemberontak di Darfur dan secara terpisah berhubungan dengan kelompok pemberontak di Blue Nile dan Kordofan Selatan. Akan tetapi, Sudan Selatan bersikeras membantah tudingan tersebut.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini