nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuliah di FKH, Mengobati Sampai Mengawinkan Sapi

Afriani Susanti , Jurnalis · Sabtu 30 Januari 2016 18:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 01 30 65 1300899 kuliah-di-fkh-mengobati-sampai-mengawinkan-sapi-5wfsCc0k1w.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Peran dokter hewan sama dengan dokter umum, yaitu memastikan kesehatan para pasiennya. Hal yang membedakan, pasien dokter hewan datang dari berbagai jenis, mulai dari mamalia seperti sapi hingga reptil seperti ular.

Saat kuliah, para mahasiswa kedokteran hewan ini juga belajar anatomi hingga pengobatan para hewan sakit. Pengobatan yang diberikan terhadap hewan pun serupa dengan manusia. Mulai dari pemeriksaan dan pengobatan kesehatan hingga proses perkawinan dan reproduksi.

"Selain ngasih obat atau menyuntik saat hewan sakit, kami juga mengawinkan hewan seperti sapi. Istilahnya suntik kawin," ungkap salah satu dokter hewan, Dian Karisma, saat dihubungi Okezone, belum lama ini.

Kini, tugas Dian sebagai dokter hewan dengan spesialisasi unggas lebih khusus pada pemeriksaan kesehatan ayam. Mulai dari pemberian konsumsi, sampai urusan reproduksi.

"Jadi kalau mau mengetahui ayam itu tidak sehat, kita lihat dari tampak luarnya. Seperti warna buku yang tidak cerah, lesu, serta konsumsi pakannya juga rendah dan tidak habis," ujarnya.

Dian memiliki alasan sendiri saat memilih kuliah di bidang kedokteran hewan. Menurutnya, dokter hewan di Indonesia masih jarang.

"Supaya enggak banyak saingannya. Karena kan dokter umum sudah banyak. Selain itu pendapatan dari seorang dokter hewan juga tidak sedikit. Mulai dari memeriksa sampai menyuntik, apalagi kalau bisa sampai mengawinkan sapi," imbuhnya.

Sekali suntik hewan saja perlu biaya Rp150 ribu. Sedangkan bila sampai sapi tersebut berhasil dikawinkan, maka biaya yang perlu dikeluarkan yakni Rp500 ribu.

"Ada beberapa mahasiswa yang salah masuk jurusan tapi akhirnya tertarik. Salah satunya karena prospek karier yang cukup cerah tadi," tambahnya. (ira)

(rfa)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini