nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Koas, dari Melahirkan Sampai Hadapi Mayat

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Minggu 31 Januari 2016 00:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 01 30 65 1300997 koas-dari-melahirkan-sampai-hadapi-mayat-BvP0po2ShV.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Menjalani masa co-assistant (koas) selama dua tahun tentu memberi beragam pengalaman bagi seorang dokter muda. Jika biasanya masih berupa teori dan praktik menggunakan manekin, kini mereka harus dihadapkan langsung oleh pasien yang membutuhkan pertolongan.

Seorang dokter muda bernama Rizkia mengatakan, meski baru satu tahun menjalani koas, dia sudah mengalami banyak hal seru sampai menegangkan.

"Salah satu pengalaman yang paling berkesan itu harus menghadapi anak usia empat tahun yang mengalami talasemi mayor. Dia harus menjalani transfusi darah setiap bulan, padahal anaknya lucu banget," ucapnya dihubungi Okezone baru-baru ini.

Rizkia menceritakan, berada di bagian anak dan kandungan juga membuatnya tahu bagaimana poses melahirkan secara normal. Hal tersebut sempat membuatnya takut jika menghadapi persalinan di masa datang.

"Lama sekali proses melahirkan secara normal, sampai berjam-jam. Melihatnya kayaknya sakit banget, soalnya si ibu itu teriak-teriak terus," ucapnya.

Dokter muda di Rumah Sakit (RS) Militer Dustira, Cimahi itu menuturkan, pengalaman di bagian forensik juga tak kalah menengangkan. Pasalnya, di bagian itu dia berhadapan langsung dengan jenazah.

"Di bagian forensik harus melakukan pemeriksaan luar dalam jenazah. Ada jenazah yang meninggal karena hanyut, sampai jenazah yang sudah membusuk dan banyak belatungnya," paparnya.

Menjalani hal-hal yang cukup menyeramkan tersebut sama sekali tidak membuat Rizkia takut. Menurut dia, rasa kasihan tentu ada, namun sebagai dokter wajib bersikap profesional.

"Aku pernah nangis melihat ada bayi yang suspect torch meninggal di ruang ICU. Waktu itu aku lagi jaga, terus keluarganya menangis, aku jadi ikut sedih juga," pungkasnya. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini