nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ekstra Sabar Koas di RS

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Minggu 31 Januari 2016 11:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 01 30 65 1300999 ekstra-sabar-koas-di-rs-tRpOXBlWtf.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Dokter dianggap sebagai profesi yang prestise dan memiliki masa depan cerah. Namun, siapa sangka untuk mencapainya memerlukan proses yang panjang.

Salah satunya adalah masa co-assistant (koas). Butuh sekira dua tahun untuk melewati proses koas. Pada tahap ini pula, mahasiswa akan menjadi dokter muda yang harus menangani pasien secara langsung.

"Harus ekstra sabar, apalagi menghadapi pasien. Pernah ada ibu yang lagi melahirkan, dikasih tahu belum saatnya mengejan, eh malah ibu itu yang balik marah," ujar dokter muda bernama Rizkia, belum lama ini.

Sarjana kedokteran dari Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) ini mengatakan, sebagai koas dia juga harus bisa menahan rasa lelah, meskipun baru selesai jaga malam. Bahkan, ketika disuruh-suruh oleh perawat.

"Tapi yang lebih sering itu memberi penjelasan sama pasien yang enggak sabar. Ya tapi harus tetap dilayani dengan baik dan ramah," ucapnya.

Sebagai seorang dokter muda, cewek berkerudung ini mengerjakan beberapa tugas, seperti anamnesis (menanyakan keluhan), pemeriksaan fisik, memberi saran obat dengan pertimbangan dokter, dan observasi pasien.

"Pokoknya sesuai sama kompetensi dokter umum. Koas juga sering dimintai tolong pasien untuk mengganti infus atau mengatasi infus yang mampet," tandasnya. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini