Jose Mujica: Yesus Itu Beraliran Kiri

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Minggu 31 Januari 2016 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 31 18 1301384 jose-mujica-yesus-itu-beraliran-kiri-m7OQGTRIFA.jpg Mantan Presiden Uruguay Jose Mujica (Foto: Reuters)

MONTEVIDIO – Mantan Presiden Uruguay Jose Mujica berbagi pengalamannya kepada Russia Today di tengah usaha mengendalikan kaum liberal dengan konservatif. Menurutnya, sejarah manusia bagai sebuah pendulum yang berayun secara konstan di antara dua kutub yaki liberal dan konservatif.

Pria yang dijuluki presiden termiskin itu mengakui tidak ada aliran baik itu kiri maupun kanan yang akan memenangkan pertempuran secara absolut. Mujica menyebut aliran kiri berjuang untuk kesetaraan dan keadlian. Sedangkan kanan berjuang untuk kestabilan kondisi politik.

Pria 80 tahun itu yakin kedua aliran tidak ada yang sempurna. Menurutnya, aliran kanan lebih cenderung reaktif dan menjadi fasis. Sedangkan kiri lebih cenderung menimbulkan banyak pemikiran dan melakukan terobosan. Meski begitu, dia menyebutkan beberapa tokoh sejarah yang dianggapnya mewakili liberalisme, termasuk Yesus Kristus.

“Dari pandangan tersebut, kita bisa bilang Raja Ashoka dari India, Epaminondas dari Yunani, kakak-beradik Gracchi dari Roma, dan bahkan Yesus sebagai tokoh liberalisme,” ujar Mujica, dilansir Russia Today, Minggu (31/1/2016).

Pria yang akrab dipanggil Pepe itu diketahui menyumbang 90 persen gajinya sebagai presiden untuk amal. Sumbangan tersebut dilakukannya selama memegang jabatan pada 2010-2015. Dia juga menolak untuk pindah ke Istana Presiden dan lebih memilih tinggal di ladang pertanian miliknya bersama sang istri dan anjing kesayangannya.

Mujica juga memilih mengendarai mobil tua miliknya daripada mobil kepresidenan yang berharga mahal. Saat menjadi presiden, Mujica melakukan berbagai terobosan kebijakan seperti melegalkan mariyuana, aborsi, dan pernikahan sejenis. Dia mengundurkan diri pada Maret 2015.

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini