Koran di Pakistan Sensor Foto Ciuman Gay

Silviana Dharma, Okezone · Senin 01 Februari 2016 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 01 18 1302009 koran-di-pakistan-sensor-foto-ciuman-gay-r4TcCicbaH.JPG Halaman utama koran {International New York Times} yang disensor {Express Tribune} Pakistan. (Foto: The Washington Post)

ISLAMABAD – Media cetak International New York Times yang penerbitannya di Pakistan ditangani Express Tribune membiarkan sebuah berita pada halaman utamanya putih melompong tanpa gambar. Hal ini dilakukan koran tersebut guna menyensor foto ciuman sepasang pria gay asal China.

“Kami memiliki nota kesepahaman (MoU) dengan New York Times yang menyetujui penyensoran foto mereka yang kami anggap melanggar norma sosial, atau dianggap terlalu berlebihan dan tidak pantas ditampilkan di negara kami,” terang Editor Express Tribune Kamal Siddiqi, dilansir dari Shanghaiist, Senin (1/2/2016).

Pada rancangan asli surat kabar yang terbit Jumat 29 Januari itu, di tengah koran seharusnya terpampang foto seorang pria gay asal China mencium pipi pasangan homoseksualnya di atas tangga. Foto itu dihilangkan tanpa diganti ilustrasi lain oleh Redaksi Express Tribune karena dianggap tidak sesuai kebudayaan lokal.

“Saya sebenarnya orang yang menentang segala sensor seperti kalian. Akan tetapi sebagai editor Express Tribune yang mempekerjakan 200 karyawan dan memublikasikan surat kabar ini di Karachi, Lahore, Islamabad, dan Peshawar, saya perlu memikirkan bahaya dan semangatnya. Sangat riskan untuk mencetak foto itu di artikel ini,” ujar Kamal, seperti dikutip dari The Washington Post.

Faktanya, homoseksual atau LGBT masih mendapat penolakan keras di sana. Tidak ada foto para kaum gay dan lesbian, apalagi dalam adegan ciuman, boleh beredar di negara yang sebagian besar penduduknya menganut agama Islam itu.

Jika redaksi bersikeras memunculkan foto serupa di medianya, tekanan bukan saja datang dari pemerintah. Ancaman lain juga datang dari kelompok militan di sana yang beberapa kali menargetkan jurnalis Pakistan yang dianggap beraliran Barat.

Ini merupakan kedua kalinya pada bulan yang sama Express Tribune Pakistan menyensor gambar di halaman utamanya.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini