Image

Universitas Brawijaya Rintis Kendaraan Listrik Cerdas

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Kamis, 4 Februari 2016 - 05:12 WIB
Tim peneliti UB sedang melakukan penelitian untuk merintis mobil listrik cerdas. (foto: dok. UB) Tim peneliti UB sedang melakukan penelitian untuk merintis mobil listrik cerdas. (foto: dok. UB)

JAKARTA - Inisiatif perguruan tinggi dalam menghasilkan inovasi kendaraan ramah lingkungan maupun menggunakan energi alternatif kian masif. Salah satunya datang dari Universitas Brawijaya (UB).

Saat ini kampus yang terletak di Kota Malang, Jawa Timur itu sedang merintis riset untuk membuat kendaraan listrik cerdas. Para peneliti merupakan dosen Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (JTE FT-UB), yaitu Ir. Wijono, M.T., Ph.D, Waru Djuriatno, S.T., M.T., dan Eka Maulana, ST., M.Eng. Ketiga dosen di bidang elektronika daya dan kontrol itu berencana mengembangkan kendaraan listrik cerdas ramah lingkungan berbasis teknologi Smart Electric Vehicle (SEV).

Eka Maulana menjelaskan, penelitian mereka menggunakan dana penelitian BOPTN. Saat ini ketiganya sedang dalam tahapan awal, yaitu meneliti dan merancang Electronic Control Unit (ECU) yang berfungsi sebagai pengendali SEV secara terpadu baik dari sisi hardware maupun software.

"Penelitian masih berjalan 40 persen. Ditargetkan tiga tahun mendatang sudah rampung serta dapat menghasilkan inovasi sistem pengendalian differential drive sebagai prototype kendaraan listrik TEUB-SEV," ujar Eka, seperti dinukil dari laman UB, Kamis (4/2/2016).

(rfa)

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming