nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPR: Pemerintah Wajib Angkat Honorer K2 Jadi CPNS

Angkasa Yudhistira, Jurnalis · Selasa 09 Februari 2016 18:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 02 09 337 1308105 dpr-pemerintah-wajib-angkat-honorer-k2-jadi-cpns-x8w4TyKIiB.jpg Ilustrasi (dok.Okezone)

JAKARTA - Komisi II DPR RI menagih janji Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk segera mengangkat tenaga kerja K2 atau tenaga honorer per 1 Januari 2005 menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Anggota Komisi II DPR, Arteria Dahlan, mengatakan, hal tersebut seyogyanya dilakukan secara bertahap mulai tahun ini sampai 2019 lantaran sudah menjadi kewajiban bagi pemerintah menyelesaikan masalah tersebut untuk memenuhi hak para tenaga kerja honorer K2 ini yang dijamin oleh konstitusi.

"Mereka berhak untuk diangkat menjadi CPNS sebagaimana dinyatakan secara kontitusional oleh Menpan dalam RDPU 15 September 2015. Bahkan pemerintah juga telah menyiapkan road map penyelesaian eks K2 dengan menjanjikan seluruh tenaga kerja akan diangkat secara bertahap mulai 2016 dan berakhir pada 2019," ujarnya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (9/2/2016).

Menurutnya, hal itu adalah sikap politik pemerintah yang mengikat mutlak dan wajib untuk dilaksanakan. "Buat apa pencitraan yang menghabiskan energi kalau di depan mata saja yang bisa dikerjakan tidak dikerjakan. Jadi bukan janji yang bisa ditarik kembali," tegasnya.

Arteria mengatakan, negara ini dikelola bukan untuk parodi atau drama, konsistensi dalam menjalankan pemerintahan mencerminakan legitimasi rakyat.

Dalam konteks honorer, politikus PDI Perjuangan itu pun mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa melalui nawacita, negara harus hadir ditengah rakyat.

"Buktikan itu, karena saya melihat negara tidak pernah hadir, tidak pernah mau hadir apalagi menunjukkan keberpihakan dan kepeduliannya kepada honorer," ujarnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini