Ratusan Babi Ilegal Dimusnahkan Bersama Kandangnya

Muhammad Riza Vahlevi, Sindo TV · Kamis 11 Februari 2016 08:26 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 11 340 1309322 ratusan-babi-ilegal-dimusnakhan-bersama-kandangnya-gL0tzOASAr.jpg Ilustrasi babi. (Foto: Alamy)

SUMSEL - Ratusan babi ilegal di Desa Pangakalan Benteng, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasi, Sumatera Selatan (Sumsel), dimusnahkan oleh petugas Satpol PP Kabupaten Banyuasin dibantu personel TNI AD dari kesatuan Yon Zikon.

Pantauan di lokasi, satu alat berat milik TNI merobohkan bangunan berangka baja. Sebab, bangunanan tersebut dipergunakan sebagai tempat peternakan ratusan babi yang diduga ilegal. Dinding beton kandang babi terlihat porak-poranda oleh alat berat itu.

Sementara ratusan babi yang telah dikumpulkan dalam satu tempat, kemudian digiring oleh jajaran Satpol PP ke dalam kolam yang telah disiapkan sebagai tempat pemusnahan. Kemudian babi itu ditimbun dengan tanah.

Pemusnahan ratusan babi dan perobohan kandang babi tidak dapat dihentikan lagi, lantaran telah diperingatkan beberapa kali. Namun, nampaknya pengusaha babi enggan menuruti prosedur yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah.

Kasatpol PP Kabupaten Banyuasin Anthony mengatakan, berdasarkan Surat Edaran Bupati Banyuasin Nomor 740/spt/ II/ 2016/ yang sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Banyuasin Nomor 5 Tahun 2012 tentang Penertiban Perizinan, dalam hal ini tidak diperbolehkan adanya ternak babi di Kabupaten Banyuasin.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini