nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Serunya Kuliah di Kota Toulouse Prancis

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2016 18:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 02 13 65 1311293 serunya-kuliah-di-kota-toulouse-prancis-7zapQjzeSm.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Prancis merupakan salah satu negara di Eropa yang menjadi favorit bagi pelajar internasional. Selain sistem pendidikan yang berkualitas tinggi, kota-kota indah, seperti Paris juga menjadi daya tarik tersendiri.

Ternyata, selain Paris masih banyak kota-kota pelajar di Prancis yang menyediakan berbagai fasilitas pendidikan terbaik di sana. Salah satunya adalah Kota Toulouse. Ada apa di balik Kota Toulouse? Berikut ini adalah ulasannya:

Pusat riset berskala internasional

Toulouse sering disebut sebagai kota terbaik untuk kuliah di Prancis. Kota ini unggul dalam bidang riset dan pengembangan. Beberapa bidang yang menonjol, yakni penerbangan (pusat Airbus Group), ekonomi, industri farmasi, nano dan bioteknologi, agropangan, dan masih banyak lagi.

Fasilitas pendidikan tinggi

Sekira 15 ribu mahasiswa internasional menetap di kota ini. Toulouse memiliki lebih dari 50 program master dengan bahasa pengantar Inggris. Fasilitas mahasiswa dan peneliti, hingga beasiswa juga tersedia di sini. Terdapat setidaknya empat universitas publik, 17 sekolah tinggi spesialisasi, 15 sekolah doktor, serta enam pusat penelitian nasional.

Kehidupan yang kondusif

Infrastruktur dan sarana publik di Toulouse menunjang untuk aktivitas perkuliahan. Selain itu, terdapat pula tunjangan tempat tinggal dan harga khusus pelajar untuk sarana transportasi dan fasilitas umum. Kehidupan di luar kampus juga dinamis dan beragam

Keadaan lingkungan

Letak kota ini sangat strategis, yakni di antara Laut Mediterania, Samudera Atlantik, Pegunungan Midi-Pyrenees, yang membentuk perbatasan alami dengan Spanyol.

Biaya hidup

Dibutuhkan sekira 700-1100 euro atau Rp10-16 juta per bulan untuk bisa hidup layak di Toulouse. Rinciannya, biaya tempat tinggal 150-550 euro tergantung tipe dan ukuran, asuransi 220 euro, transportasi 10-40 euro (bagi usia di bawah 26 tahun), listrik dan gas 30 euro, komunikasi 50 euro, serta makanan 300 euro. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini