TNI Sinjai Amankan 20 Imigran Asal Asia Selatan

Bulan Sri Indra Maya, Sindo TV · Senin 15 Februari 2016 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 15 340 1312374 tni-sinjai-amankan-20-imigran-asal-asia-selatan-IPV6CBFyKf.jpg Ilustrasi (foto: Antara)

SINJAI - Petugas Kodim 1424 Sinjai, Sulawei Selatan, mengamankan puluhan warga negara India dan Bangladesh dari Wisma dari rumah seorang warga di Desa Buareng, Kecamatan Kajuara, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Selanjutnya mereka dibawa ke Polres Sinjai untuk diperiksa.

Kasus ini ditangani Polres Sinjai, karena sebelumnya mereka tinggal di Wisma Belitung di Sinjai. Saat petugas Kodim 1424 Sinjai mengendus keberadaan mereka, puluhan warga negara asing itu kabur ke Bone. Pihak wisma juga tak mampu menujukkan dokumen imigrasi mereka.

Setelah didata, warga negara asing itu terdiri dari 13 warga India dan tujuh warga Bangladesh. Mereka diduga imigran yang hendak menuju Australia melalui Pelabuhan Sinjai. Beberapa dari mereka meninggalkan negaranya karena ingin mencari pekerjaan di Indonesia dan Australia.

“Saya mendapat informasi bahwa di Indonesia atau Australia pekerjaan sangat menjanjikan. Jadi saya ikut bersama teman-teman,” ujar imigran asal Bangladesh, Rana.

Rana mengaku kesulitan mencari pekerjaan di negara Bangladesh karena pendidikannya yang rendah Sementara orangtuanya bekerja sebagai petani, sehingga ia harus putus sekolah.

Sementara itu Komandan Kodim 1424 Sinjai, Kolonel Infantri Maskun Nafik, menerangkan, para imigran asal Asia Selatan tersebut hanya mengantongi fotocopy UNHCR. Namun pihaknya mencurigai keaslian dokumen tersebut.

“Kami juga dapat informasi, jika mereka ini berhasil lolos, maka akan datang imigran dengan jumlah yang lebih banyak, mencapai 3.000 orang,” terangnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini